ARTICLE

Tue - Aug 10, 2021 / 1900 / Inspirational

5 Cerita Alkitab yang Mengajarkan Anak tentang Kasih dan Kebaikan

Ingin anak memiliki karakter dan sifat yang baik? Tentunya ini nggak bisa dibangun hanya dalam semalam saja Superparents. Kita harus mengajarkannya berulangkali dan memberikannya teladan, salah satunya melalui firman Tuhan. Hal ini penting karena karakter dan sifat mereka adalah bekal di masa depan.

Jika Superparents atau kakak guru sekolah minggu ingin mengajarkan anak tentang kasih dan kebaikan, ada beberapa cerita di Alkitab yang bisa menjadi referensi kita. Kita lihat yuk!

  1. Kisah orang Samaria yang baik hati

Dalam Lukas 10:29-37, Tuhan Yesus memberikan perumpamaan tentang cerita orang Samaria yang baik hati. Yesus menceritakan kisah ini sebagai contoh tentang apa artinya bersikap baik kepada orang lain, bahkan mereka yang tidak kita kenal yang membutuhkan bantuan kita.

 Baca juga : 8 POKOK DOA YANG BISA DIDOAKAN BERSAMA KELUARGA DI MASA PANDEMI INI

  1. Cerita tentang orang lumpuh yang disembuhkan

Anak-anak bisa membaca cerita ini di Lukas 5:17-26. Yang patut diteladani oleh anak-anak adalah teman-teman si lumpuh ini. Mereka sangat percaya bahwa Tuhan mampu menyembuhkan temannya ini, sampai-sampai mereka membawa si lumpuh ke atas atap rumah agar bisa diturunkan. Dan berkat kebaikan dan kasih teman-temannya ini, si lumpuh bisa sembuh.

 

  1. Mengasihi musuh

Firman Tuhan yang ada di Lukas 6:27-36, memang tidak mudah dilakukan. Anak-anak harus belajar mengasihi dan berbuat baik kepada musuh. Bahkan Yesus juga mengajarkan kepada kita untuk mendoakannya lho. Dengan menceritakan kisah ini, anak diharapkan agar tidak dendam kepada orang lain dan bisa membalas kejahatan dengan kebaikan.

 Baca juga : JENIS TALENTA YANG BISA ANAK DAN REMAJA PERSEMBAHKAN DI CHURCH TALENT FESTIVAL

  1. Cerita Yakub dan Esau

Masih ingat dengan kisah anak kembar yang ada dalam kitab Kejadian? Yakub mengambil hak kesulungan Esau dengan menukarnya lewat semangkuk sup kacang merah. Suatu waktu, Yakub pun harus meminta maaf pada Esau. Ketika mereka bertemu, tanpa diduga Esau dululah yang memeluk Yakub dan sudah memaafkan kesalahan yang diperbuat Yakub. Inilah bentuk teladan yang patut diceritakan kepada anak-anak tentang memaafkan satu sama lain saat berbuat salah. Dari sisi Esau, anak bisa belajar bahwa penting untuk bisa memaafkan siapa saja, apalagi dengan saudara sendiri.

 

  1. Daud dan Mefiboset

Cerita ini ada dalam 2 Samuel 9. Daud adalah sahabat baik dari anak Saul, Yonatan. Suatu hari, Saul menyimpan rasa iri kepada Daud dan memiliki niat untuk membunuhnya. Meski ayahnya berniat jahat kepada Daud, namun Yonatan tetap menjalin persahabatan dengan Daud, bahkan mendukung Daud. Daud pun ingin berbuat baik kepada keluarga Yonatan yang masih ada. Dengan kebaikannya, Daud memberikan semua yang dimiliki Saul dan Yonatan kepada Mefiboset.

Itulah 5 cerita Alkitab yang bisa mengajarkan anak untuk berbuat baik dan mengasihi orang lain. Nah setelah mereka belajar dari firman Tuhan, yuk ajak anak untuk berbuat nyata dengan membantu menyediakan perlengkapan sekolah baru bagi teman-temannya di NTT. Klik dibawah ini untuk tahu caranya.

Saya IKUT

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK