ARTICLE

Fri - Nov 17, 2017 / 17891 /

7 Ayat Alkitab yang Penting untuk Anak-anak Ingat dan Pelajari

Jika Anda mau mengajarkan anak untuk menghafalkan ayat Alkitab, apa yang akan Anda lakukan? Lalu ayat manakah yang penting untuk anak-anak ingat dan dipelajari ya? Kita mulai dari yang pertama yuk.

 

“Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu--ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini”

Fakta perintah untuk menghormati orang tua sudah tertulis pada Ulangan 11: 18-21 dimana Musa memerintahkan para orang tua Israel untuk menulis hukum Allah di hati anak-anak dan ini sesuai dengan janji bahwa anak-anak Anda 'hari dan hari-hari anak-anak Anda dapat berlipat ganda.'

 Itu adalah perintah pertama yang Tuhan berikan kepada orang tua untuk disampaikan kepada anak-anak dengan janji hidup yang lebih lama dibandingkan tidak taat pada orang tua. Perintah menghormati orang tua ini tidak ada kadaluarsanya, bahkan sampai anak dewasa dan dipanggil Tuhan.

 

“Karena begitu besar kasih  Allah akan dunia ini , sehingga Ia telah mengaruniakan  Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Anda mungkin paling hafal dengan ayat ini. Kepada anak-anak harus mengingat ayat ini? Karena memang benar! Dia memutuskan mengirim anak tunggalnya demi menebus dosa manusia. Jadi jika kita percaya kepada-Nya, kita akan mendapatkan hidup yang abadi. Inilah kabar baik dari Injil Kristus.

 

Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan adalah suatu upah.

Anak-anak harus tahu mereka ada disini bukan hanya karena keinginan orang tua mereka tapi juga keinginan Tuhan yang menghendaki mereka dilahirkan. Ini menggambarkan bahwa Tuhan punya rencana untuk mereka. Tuhan melihat anak-anak sebagai hadiah-Nya untuk orang tua.

 

Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.

Anak-anak harus tahu bahwa pertama kali mereka harus mengasihi Tuhan kemudian sesamanya. Siapakah sesama mereka? Ya semua orang. Mereka harus tahu bahwa Tuhan sudah terlebih dulu mengasihi mereka sehingga mereka juga harus mengasihi-Nya.

 

Hai anakku,  dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran  ibumu.

Anak-anak harus mendengarkan orang tua mereka walaupun tidak sepenuhnya mengerti. Bahkan orang dewasapun mungkin tidak mengerti, tapi ketaatan yang terus menerus membuat mereka mengerti. Orang tua melakukan kesalahan lebih banyak dibandingkan anaknya, jadi mereka berusaha untuk mengajarkan anak untuk tidak melakukan kesalahan yang mereka lakukan. Tentu saja jika orang tua menjelaskan kepada anak untuk melakukan sesuatu yang anak tahu itu salah, mereka dapat mendengarkan namun tidak melakukannya karena “Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia” (Kisah para rasul 5: 29)

 

Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.

Ada orang yang mengatakan jika anak-anak tidak punya pekerjaan, itu tidak benar. Bagi anak, membantu orang tua dirumah dan belajar disekolah adalah sebuah pekerjaan karena mereka berusaha memberikan yang terbaik yang dapat mereka lakukan. Mereka harus mengerti bahwa pekerjaan apapun sebenarnya untuk kemuliaan nama Tuhan.

 

Tetapi kamu harus menaruh perkataanku ini dalam hatimu dan dalam jiwamu; kamu harus mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu. Kamu harus mengajarkannya kepada anak-anakmu dengan membicarakannya, apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun; engkau harus menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu, supaya panjang umurmu dan umur anak-anakmu di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepada mereka, selama ada langit di atas bumi.

Ayat ini sangat penting sehingga seorang anak harus berusaha mendengarkan orang tua mereka mulai dari bangun tidur dan bahkan saat berkegiatan apapun.

 

Sumber : patheos.com

Baca juga:

TAHUKAH KAMU, INI KISAHNYA SEKOLAH MINGGU DIMULAI

SUPERPARENTS WAJIB MELAKUKAN HAL INI AGAR ANAK BERJALAN SESUAI FIRMAN TUHAN!

DILARANG UCAPKAN 3 KALIMAT INI SEBAGAI PASANGAN KRISTEN!

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK