ARTICLE

Thu - Jul 02, 2020 / 1145 / Sunday School

5 Cerita Alkitab Untuk Sekolah Minggu yang Mengajarkan Tentang Kebaikan

Kebaikan adalah sikap yang ditanamkan oleh semua agama di dunia. Dengan kebaikan, dunia menjadi lebih baik. Nah kalau kakak-kakak sudah pernah belum mengajarkan tentang kebaikan kepada anak-anak sekolah minggunya? Kalau masih bingung mencari bahan, Superbook punya referensi cerita anak sekolah minggu dari Alkitab yang bisa kakak pakai sebagai bahan mengajar tentang kebaikan.

  1. Melakukan Kebaikan

Ayat pengajaran : Lukas 5:17-26 (Cerita Orang Lumpuh yang Disembuhkan)

Kisah ini menceritakan tentang teman-teman si orang lumpuh yang percaya dan punya iman kuat bahwa Yesus mampu menyembuhkan temannya. Sehingga mereka berusaha membawa temannya, si lumpuh untuk bertemu Yesus. Puji Tuhan, akhirnya orang lumpuh tersebut sembuh. Anak diajak untuk menjadi seperti teman-teman si lumpuh tadi, melakukan kebaikan bagi temannya.

 Baca juga : TIDAK BISA IKUT SEKOLAH MINGGU ONLINE, MEREKA MEMAKAI CARA INI

  1. Mengasihi Musuh

Ayat pengajaran : Lukas 6: 27-36 (Kasihilah Musuhmu)

Banyak orang berkata kasihilah orang yang berbuat baik pada kita dan bencilah musuh kita. Tapi tidak dengan Tuhan. Melalui kisah ini, anak diajak justru untuk mengasihi musuh dan mendoakan mereka. Tuhan sendiri juga sudah memberikan teladan bagi kita semua dengan pengorbanan-Nya di kayu salib demi menebus orang yang berdosa (1 Yohanes 3:16-18).

 Sumber : Unsplash
  1. Anak yang Baik Hati

Ayat pengajaran : Lukas 10:25-37 (Orang Samaria yang Baik Hati)

Mungkin anak-anak sudah mendengar cerita ini berulang kali. Kakak bisa menceritakannya versi yang modern dan relevan dengan keseharian anak-anak. Misalnya, cerita tentang seorang anak yang di bully atau dipukul oleh anak-anak lain di sekolahnya. Lalu datang temannya sambil bersepeda melihat anak itu, tapi dia tidak membantu malah melewatinya begitu saja. Kemudian datang lagi anak dari sekolah lain tapi tidak mengenal anak yang di bully itu. Karena hatinya tergerak oleh rasa kasihan, akhirnya ia menolong anak itu, membalut lukanya, dan mengantar anak itu pulang ke rumahnya.

Ajak anak untuk melakukan hal kebaikan kepada orang lain bahkan kepada orang yang tidak Ia kenal, seperti Tuhan Yesus yang juga melakukan kebaikan.

 Baca juga : AGAR PERGAULAN ANAK TIDAK SALAH, YUK BELAJAR DARI SEKOLAH MINGGU ONLINE SUPERBOOK!

  1. Kebaikan Hati Daud

Ayat pengajaran : 2 Samuel 9 (Daud dan Mefiboset)

Saul adalah Raja Israel, tapi sayangnya ia melakukan hal-hal yang tidak berkenan kepada Allah, sehingga Tuhan memberikan gelar kerajaan kepada orang lain (1 Samuel 15), yaitu Daud. Daud bersahabat dengan anaknya Saul, Yonatan. Pada suatu hari Saul iri dengan Daud dan berniat membunuhnya. Meskipun demikian, Yonatan tetap bersahabat dengan Daud dan selalu membela serta mendukung Daud.

Karena itulah melalui kisah Daud dan Mefiboset ini, Daud ingin melakukan kebaikan bagi keluarga Yonatan yang masih tersisa. Daud memberikan segala sesuatu milik Saul dan Yonatan kepada Mefiboset, bahkan keluarganya diperbolehkan makan bersama dengan raja!

 

  1. Yesus Baik Kepada Anak-anak

Ayat pengajaran : Markus 10:13-16 (Yesus Memberkati Anak-anak)

Mengabaikan orang lain bahkan menyuruh mereka pergi adalah tindakan yang tidak baik dan bisa menyakiti hati mereka. Kita dapat menjadi berkat bagi orang lain dengan memperlakukan mereka selayaknya berharga.Inilah yang Tuhan Yesus teladankan kepada kita melalui ayat ini.

Contasia Christie

COntent Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK