ARTICLE

Tue - Aug 31, 2021 / 1231 / Inspirational

4 Jenis Kasih yang Ada Dalam Alkitab dan Pembahasannya

Cinta atau kasih adalah salah satu bentuk ungkapan emosi manusia. Kasih adalah emosi yang paling kuat, dan bahkan Alkitab mengajarkan bahwa mengasihi Tuhan serta sesama adalah hal paling utama. Orang Yunani sendiri membagi kasih menjadi empat jenis, yaitu eros, storge, filia, dan agape.

Tidak sedikit guru sekolah minggu atau orang tua pernah mengajarkan jenis-jenis cinta ini kepada anak-anak. Sebagai orang Kristen, kita harus mengenal empat jenis kasih ini agar tahu ungkapan kasih yang terjadi dalam setiap kehidupan kita.

Baca juga : 5 PENAMPILAN BALITA LUCU NAN MENGGEMASKAN YANG IKUT CHURCH TALENT FESTIVAL

Kasih Storge

Kasih Storge menggambarkan kasih yang ada dalam keluarga. Kata ini menggambarkan ikatan mendalam dan penuh perhatian antara orang tua dan anak, suami istri, saudara kandung, dan lainnya. Nah kebalikan dari storge adalah astorgous yang berarti “tanpa kasih sayang” (Roma 1:31). Paulus telah mengingatkan kepada kita bahwa di akhir zaman, orang akan menjadi sangat egois, sampai mereka tidak mempunyai rasa cinta untuk keluarganya sendiri (2 Timotius 3: 2-3).

Kasih Filia (phileo)

Kasih ini menggambarkan kasih persaudaraan atau persahabatan yang melebihi ikatan keluarga. Dalam artian kita harus mengasihi sesama/teman/sahabat seolah-olah mereka adalah saudara kita. Kasih filia ini tergambar dalam kisah Alkitab, yaitu tentang cerita Lazarus yang bangkit (Yohanes 11:33-35).

Kasih Eros

Eros mengacu pada cinta yang romantis atau seksual. Ini adalah hadiah Tuhan kepada pasangan yang sudah menikah, sehingga bisa mengungkapkan cinta satu dengan yang lain. Cinta ini memang tidak muncul di Alkitab, tapi di kitab Kidung Agung kita bisa melihat cinta yang penuh gairah yang dimiliki oleh suami istri.

Baca juga : 5 PENAMPILAN PESERTA CHURCH TALENT FESTIVAL YANG MENGGEMASKAN

Kasih Agape

Kasih agape adalah cinta tertinggi yang dirujuk oleh Alkitab. Cinta ini abadi, sempurna, penuh pengorbanan, dan tanpa syarat. Agape menggambarkan kasih Allah (1 Korintus 13:4-8). Agape adalah kasih yang sempurna. Tuhan Yesus mewujudkan kasih ini dengan mengorbankan diri-Nya untuk menebus umat manusia.

Anak bisa berlatih menghidupi kasih atau cinta agape ini dengan berbagi kepada orang lain. Salah satunya dengan mengikuti gerakan menyediakan perlengkapan sekolah bagi teman-temannya di NTT. Mereka bisa berlatih menabung demi memperkenalkan kasih Tuhan kepada anak lainnya. Tertarik untuk bergabung? Informasi lebih lanjut, klik di bawah ini:

BACK TO SCHOOL

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK