ARTICLE

Tue - Aug 24, 2021 / 362 / Parenting

Sebagai Teman, Anak Lebih Baik Memilih Jadi Sosok yang Baik atau Tulus Ya?

Ternyata bersikap ‘tulus’ dan ‘baik’ adalah dua hal yang sangat berbeda. Dan perbedaan itu bisa sangat berpengaruh pada pandangan dan juga hubungan anak dengan temannya. Salah satu cara membedakan apakah anak adalah  sosok yang murah hati atau baik adalah dengan memperhatikan motivasi mereka. Ada 5 perbedaan dari menjadi sosok yang tulus dan baik kepada orang lain:

  1. Seseorang yang tulus, menyampaikan kebenaran dengan kasih dan keyakinan. Sedangkan seorang yang baik hanya menyampaikan apa yang membuat orang lain senang.

Baca juga : CARA YANG IBLIS GUNAKAN UNTUK MERUSAK HUBUNGAN ANAK DENGAN TUHAN

Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah. - Amsal 27: 6

Anak yang benar-benar tulus akan dengan jujur menyampaikan kebenaran walaupun itu menyakitkan. Tapi anak yang baik hanya akan menutupi kesalahan orang lain demi menjaga supaya temannya tidak tersinggung.

 

  1. Seseorang yang tulus, berani menghadapi masalah. Sedangkan seorang yang baik memilih mundur.

Jika anak memilih tidak mau tahu dengan masalah yang dihadapi temannya, artinya dia tidak benar-benar tulus mengasihi. Anak yang hanya bersikap baik akan melakukan tindakan yang bertolak belakang. Dia memilih menghindar dan gak mau peduli dengan apa yang dialami orang lain.

 Baca juga : INGIN ANAK MENGETAHUI PANGGILAN HIDUPNYA, AYO PAKAI 3 CARA INI

  1. Seseorang yang tulus, hidup untuk menyenangkan hati Tuhan. Sementara yang hanya bersikap baik hidup untuk menyenangkan hati orang lain.

Kalau anak selalu merasa ingin menyenangkan orang lain, mungkin ia takut kehilangan. Tapi waktu ia bersikap tulus kepada orang lain, berarti anak mau menyenangkan hati Tuhan dan meneladani kasih Yesus.

 

  1. Seseorang yang bersikap tulus, menentukan batasan dirinya. Sedangkan seseorang yang baik selalu berkata ‘ya’.

Karena gak ingin mengecewakan hati orang lain, anak akan memilih bersikap baik dan tidak sadar malah membuatnya tidak bahagia. Sedangkan anak yang tulus akan selalu punya pilihan. Dalam situasi yang tepat, dia bisa berkata ‘ya’ dan untuk situasi yang tidak tepat dengan tegas berkata ‘tidak’.

 Baca juga : 5 PENJELASAN YANG BISA ORANG TUA BERIKAN SAAT DOA ANAK TIDAK KUNJUNG DI JAWAB

  1. Seseorang yang tulus, berinvestasi untuk sesuatu yang berguna. Sedangkan yang baik berinvestasi untuk sesuatu yang menguras semua fokus dan tenaganya.

1 Yohanes 4: 18 berkata bahwa kasih yang sempurna menghilangkan rasa takut. Kalau kita hidup dalam kepercayaan akan kasih Allah, kita tidak akan dikendalikan oleh rasa takut. Hal ini membuat ini menganggap bahwa orang lain jauh lebih penting daripada diri kita sendiri. Intinya adalah Tuhan sendiri mau kita selalu bersikap tulus yang didasarkan oleh kasih-Nya. Kita diciptakan untuk hidup dan mengasihi dengan tulus.

Nah anak bisa belajar untuk menjadi tulus salah satunya dengan membagikan kasih Allah kepada temannya. Salah satunya lewat menyediakan perlengkapan sekolah baru untuk anak-anak di NTT. Superparents bisa mulai mendaftarkannya ke link di bawah ini:

Saya Bersedia

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK