ARTICLE

Tue - Aug 10, 2021 / 269 / Parenting

5 Penjelasan yang Bisa Orang Tua Berikan Saat Doa Anak Tidak Kunjung di Jawab

Anak pernah berdoa tapi tidak kunjung dijawab oleh Tuhan. Anak akhirnya bertanya terus pada orang tua kenapa hal itu bisa terjadi dan Superparents bingung menjawabnya? Mungkin Superparents pernah merasakannya, atau bahkan doa Superparents sendiri belum dijawab Tuhan. Coba mengerti dan pahami 5 hal ini terlebih dulu yuk, agar bisa menjawab pertanyaan tentang doa si anak.

  1. Segala sesuatu ada saatnya

Kadang Tuhan bisa langsung menjawab doa kita, tapi kadang kala juga kita harus menunggu. Seberapa lama? Hanya Tuhanlah yang tahu waktu yang terbaik saat doa itu dijawab. Yang jelas, firman-Nya mengatakan bahwa segala sesuatu indah pada waktunya (pengkhotbah 3:11).

 Baca juga : 5 PENYEBAB ANAK TIDAK SEMANGAT DALAM BELAJAR YANG HARUS ORANG TUA KETAHUI

  1. Rancangan kita bukanlah rancangan Tuhan

Bagaimana kita tahu bahwa yang kita doakan sudah sesuai dengan rancangan-Nya? Prinsip utamanya adalah yang kita doakan sudah sesuai dengan firman Tuhan. Dan prinsip selanjutnya, sudah sesuai dengan porsi iman kita. Misalkan anak berdoa mendapatkan mainan termutakhir dan paling canggih, padahal keluarganya belum mampu membelikannya. Apakah mainan ini akan berguna untuk anak? Dan jika ia mendapatkannya, apakah bisa dipakai dengan bijaksana? Jika menurut Tuhan tidak, maka jangan sedih kalau doa tersebut belum terjawab.

 

  1. Tuhan melihat motivasi kita

Seringkali motivasi anak dan kita dalam berdoa itu suka keliru. Misalkan anak berdoa agar bisa mendapatkan nilai bagus agar bisa menyombongkan diri ke teman-temannya. Jelas itu adalah motivasi yang salah. Ia harus belajar dengan giat dan akhirnya mendapatkan nilai bagus untuk memuliakan nama Tuhan dan menjadi ‘terang’ di sekolahnya.

 Baca juga : TIPS UNTUK ORANG TUA YANG INGIN ANAKNYA TIDAK TAKUT SAAT TAMPIL DAN BERKOMPETISI

  1. Sikap hati yang salah

Hampir sama dengan nomor 3. Sikap hati menunjukkan siapa diri kita sebenarnya dihadapan Tuhan. Bagaimana jika Tuhan lama menjawab doa? Apakah anak akan marah dan meninggalkan Tuhan? Bagaimana jika jawaban doa anak justru berlawanan dengan apa yang didoakan, apakah masih tetap mau berharap kepada Tuhan?

 

  1. Tuhan ingin mengajarkan anak tentang ketekunan

Ingat kisah perumpamaan janda miskin yang datang ke seorang hakim yang bengis? Sang janda harus datang berkali-kali sampai akhirnya si hakim mau membelanya. Terkadang Tuhan ingin kita lebih tekun dan ngotot sebelum mendapatkan jawaban doa. Bayangkan jika kita sangat mudah mendapatkan jawaban doa, bukankah kita akan menjadi anak yang manja?

Jika Superparents dan anak sedang mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan doa, Superparents bisa menghubungi Sahabat 24 dengan klik di bawah ini.

SAYA INGIN DIDOAKAN

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK