ARTICLE

Thu - Dec 10, 2020 / 1143 / Inspirational

Fakta-fakta Menarik Tentang Natal yang Harus Kamu Ketahui! Part 1

Hari Natal, hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Kristiani di dunia. Hari dimana Tuhan Yesus lahir ke dunia dengan misi untuk menebus dosa umat manusia ini, ternyata menyimpan segudang fakta-fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui lho! Kali ini, kita akan mengetahui beberapa di antaranya.

  1. Xmas

Christmas atau Natal sering disingkat dengan penulisan “Xmas”. Awalnya ini menyebabkan kemarahan banyak orang, khususnya umat Kristen. Mereka menganggap dengan mengganti nama Kristus menjadi “X” adalah sebuah bentuk penghinaan. Pada kenyataannya, huruf X pada Xmas itu adalah huruf pertama pada nama Yunani Kuno Kristus, yaitu CHRISTÓS (XPIΣTOΣ).

 Baca juga : 3 HAL YANG HARUS GEREJA LAKUKAN AGAR ORANG TUA MAU MENGEMBANGKAN KEROHANIAN ANAK

  1. Pertama kali dirayakan

Natal pertama kali dirayakan pada 336 M. Pada 300 tahun masa ke-Kristenan, gereja-gereja tidak memiliki hari khusus untuk merayakan kelahiran Yesus. Nah sejak tanggal 25 Desember 336 M tercatat dalam almanac Roma dan catatan pemimpin Kristen.

 

  1. Diresmikan jadi hari libur

Pada Juni 1970, pemerintah pusat Amerika Serikat meresmikan hari Natal sebagai hari libur nasional.

 

  1. Pohon Natal

Dahulu pohon Natal biasanya dihiasi makanan ringan seperti kacang-kacangan, apel, dan kurma. Pada abad ke 18 barulah pohon Natal dihias dengan lilin indah nan cantik

 Baca juga : SELFIE SAAT BERIBADAH, DIPERBOLEHKAN ATAU TIDAK YA?

  1. Hadiah Natal terbesar

Jika penasaran siapa yang punya hadiah Natal terbesar, tentulah Amerika Serikat jawabannya. Hadiah tersebut adalah Patung Liberty atau icon dari Amerika Serikat yang diberikan pada 1886 oleh Perancis.

 

  1. Hari kelahiran Yesus

Kita sering mendengar bahwa tanggal 25 Desember adalah hari kelahiran Yesus Kristus dan itulah awal mula hari Natal. Kenyataannya, Alkitab tidak pernah menunjukkan sebenarnya hari kelahiran Yesus. Setelah melalui berbagai perubahan tanggal dan pengaruh Roma, barulah oleh Pope Julius 1, 25 Desember dijadikan tanggal yang kita kenal sekarang ini sebagai hari kelahiran Yesus.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK