ARTICLE

Wed - Dec 02, 2020 / 702 / Inspirational

Selfie Saat Beribadah, Diperbolehkan Atau Tidak Ya?

Pandemi membuat kita jadi sulit beribadah tatap muka. Eits jangan kuatir, masih ada ibadah online. Tapi nanti nggak bisa ketemuan sama yang lain, padahal kan biasanya setelah ibadah kita tegur sapa. Eits, sekarang kan sudah ada teknologi screenshoot dan hampir semua smartphone punya kamera yang mumpuni. Pasti tetap bisa di dokumentasikan ibadahnya, apalagi bisa di upload ke media sosial.

Nah tapi pernah kepikiran nggak sih, kalau hasil upload atau selfie saat ibadah itu benar atau salah? “Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku;” (Mazmur 139: 23) Melalui ayat ini, kita bisa tahu bahwa Allah ingin melihat hati kita. Jadi, apa motifnyalah yang menjadi penentu. Berikut ada beberapa motif yang bisa menjadi bahan perenungan kita.

 

Melakukan selfie untuk meninggikan diri

Dengan melakukan selfie dan membagikannya ke sosial media, kita sedikit merasakan jadi orang terkenal. Ini bisa membuat orang kecanduan lho. Kita menjadi terobsesi untuk mendapatkan “like”, “love”, komentar dan share. Bahkan berharap kalau bisa foto atau video kita menjadi viral.

Baca juga : AYAT ALKITAB YANG BISA MENGUATKANMU DAN MEMBUATMU SEMANGAT DI BULAN DESEMBER INI

Yohanes berkata “Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.” (Yohanes 3:30). Ya, benar! Yang harus semakin besar dan terkenal seharusnya Tuhan Yesus Kristus, bukan kita. Yesus Kristus secara jelas menyatakan bahwa “Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu.” (Matius 23:11).

Melakukan selfie karena ingin merasa berharga

Saat ini, budaya selfie membuat orang membuat gambaran yang salah tentang dirinya. Kita jadi ingin agar orang lain menyukai, bahkan menjadi penggemar kita. Sampai-sampai banyak aplikasi yang menyediakan fitur untuk mengubah penampilan fisik seseorang agar bisa lebih diterima oleh khalayak.

Apakah rasa berhargamu tergantung tampilan fisikmu? Tidak! Setiap manusia diciptakan berbeda dan memiliki keunikannya tersendiri. Amsal 31:30a berkata “Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia.' Kita justru harus menilai diri dengan benar di dalam Tuhan. Bagaimanapun penampilanmu, Tuhan itu mengasihimu apa adanya. Kita semua berharga di mata-Nya.

Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.” (Yesaya 43:4) Tidak hanya Tuhan memberikan manusia dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawa kita, tapi bahkan Ia mengorbankan Putra-Nya yang tunggal untuk menyelamatkan kita (Yohanes 3:16).

Baca juga : 5 CARA MELIHAT DAN MENGHADAPI MASALAH SECARA EFEKTIF SEPERTI YAKUB

Ingin menunjukkan hidup dan dirimu yang sempurna

Apakah kamu ingin orang melihatmu sebagai orang yang rohani dengan foto di gereja atau saat berdoa? Atau menunjukkan bahwa hidupmu itu sempurna? Seringkali kita ingin memperlihatkan apa yang baik dan sempurna kepada banyak orang. Tapi jarang menunjukkan sesuatu yang buruk dari hidup kita.

Tuhan tidak ingin kita menjadi orang yang seperti ini. “Janganlah kamu serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Roma 12: 2)

 Jangan terjebak oleh selfie-Kristen atau selfie-rohani, karena selama yang dimuliakan bukan Tuhan, maka kita sudah keluar dari tujuan awal yang Tuhan tetapkan. Selidiki hati kita dan terus bertanya, “Apa motivasiku ya?”

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK