ARTICLE

Wed - Feb 20, 2019 / 2282 / Parenting

7 Cara Kreatif Mengajarkan Anak Berdoa Bersama Keluarga

Mengajarkan anak berdoa sedari dini butuh kreatifitas dari para orangtua. Ada saja masanya mereka malas, berdoa asal-asalan, dan akhirnya tidak mau berdoa. Jangan khawatir SuperParents. Supaya anak mau belajar berdoa dan menikmati waktu berbicara dengan Tuhannya, kita bisa gunakan 7 cara berikut ini agar doa Anda bersama anak semakin menyenangkan:

 

1. Berdoa untuk perjalanan sekolah.

SuperParents bisa mengajarkan doa kepada anak lewat kegiatan mereka dari yang paling simple, misalnya saat mau ke sekolah. Entah mau berjalan kaki, menaiki kendaraan bersama orangtua, atau di antar jemput, ajarkan anak untuk berdoa agar perjalanan mereka disertai oleh Tuhan sehingga bisa sampai sekolah dengan selamat.

Baca juga : VIRAL VIDEO MURID MENANTANG GURUNYA, SEBAIKNYA KITA MENGAJARKAN ANAK HAL INI

2. Menikmati lagu-lagu rohani bersama anak.

Dari menghayati dan menyanyikan lagu rohani, anak bisa belajar berdoa juga lho. Ajarkan mereka untuk sungguh-sungguh dalam memuji Tuhan dan menganggap bahwa lirik yang mereka nyanyikan sebagai bentuk doa mereka kepada Tuhan. Saat anak sudah mulai larut memuji dan menyembah Tuhan, maka mereka bisa menuangkan doa mereka sambil bernyanyi.

 

3. Berdoa dengan bergandengan tangan.

Masih ingat dengan artikel MEMBUAT OTAK ANAK BERKEMBANG BAIK DENGAN 9 CARA PENTING INI? Salah satu hal yang membuat otak anak bisa berkembang dengan baik adalah sentuhan fisik kedua orangtuanya lho. Jadi, ketika anak berdoa bersama orangtua lalu Anda memegang tangannya, hal ini bisa memberikan kekuatan dan motivasi untuk anak.

Sumber: Kenneth Copeland Ministries

4. Buat topik doa setiap hari.

Dengan adanya beragam topik doa setiap harinya, anak bisa belajar berdoa untuk banyak hal. Selain itu, anak juga tidak mudah bosan dalam berdoa. Misalnya untuk sekolahnya, keluarga, teman-teman mereka, bangsa dan negara, serta masih banyak lagi.

Baca juga: ALASAN ANAK HARUS MULAI MEMILIKI PIKIRAN SESUAI FIRMAN TUHAN SEDARI DINI

5. Kocok kartu.

Ini masih mirip-mirip nih dengan nomor 4. Topik doa yang sudah SuperParents buat, bisa dituliskan pada beberapa lembar kartu. Nah sebelum berdoa, SuperParents bisa mengajak anak untuk mengocok kartunya dan memilih salah satunya untuk didoakan bersama.

Sumber: New Day Christian

6. Doa dalam diam.

Lho kok doa malah berdiam? Jadi begini SuperParents, untuk memperkenalkan konsep doa, ada masanya dimana Tuhan ingin kita diam dam menunggu Ia berbicara. Kita tidak perlu banyak menyampaikan kata-kata saat berdoa. Kita hanya perlu menunggu Tuhan untuk mendengarkan suara-Nya.

 

7. Doa bergiliran.

Ada dua konsep tentang doa bergilir ini. Pertama, anggota keluarga saling bergilir untuk memimpin doa dan menyampaikan pokok-pokok doa. Dan yang kedua, setiap anggota keluarga secara bergilir untuk saling mendoakan keluarga yang ada disebelahnya. Cara kedua ini bisa mengajarkan anak untuk mengetahui pergumulan keluarganya dan membantunya lewat doa.

Nah itu tadi 7 cara berdoa bersama anak yang kreatif dan menyenangkan. Merasa terberkati dengan artikel ini? Yuk dukung terus pelayanan Superbook agar semakin banyak gereja, sekolah Minggu, keluarga, dan anak-anak yang diberkati serta lebih dalam mengenal Tuhan.

Caranya mudah, Klik Disini. Tuhan memberkati.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK