ARTICLE

Tue - Feb 19, 2019 / 853 / Parenting

Membuat Otak Anak Berkembang Baik dengan 9 Cara Penting Ini

Orangtua mana yang tidak bangga kalau anaknya pintar. Pastinya kita semua ingin donk anak pintar dan berdampak bagi teman-teman disekitarnya. Nah untuk membuat otak anak berkembang dengan baik, diperlukan bantuan dari orangtuanya lho. Cara-caranya seperti ini nih :

  1. SuperParents yuk sering melakukan sentuhan fisik.

Sentuhan fisik papa dan mama bisa membuat anak merasa aman dan membentuk kelekatan kita lho. Selain itu, sentuhan juga membantu perkembangan emosi dan mendorong perkembangan lobus frontal pada otak anak.

Baca juga : VIRAL VIDEO MURID MENANTANG GURUNYA, SEBAIKNYA KITA MENGAJARKAN ANAK HAL INI

  1. Bantu anak menggunakan secara maksimal panca inderanya.

Dengan menggunakan secara maksimal panca indera anak, mereka memaksimalkan ransangan di area otak mereka.

 

  1. Berikan makanan penunjang tumbuh kembang otak anak.

Jika anak mulai suka memilih-milih makanan, sayangnya ia menghambat perkembangan otak untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Anak juga akan tidakbisa merasakan dan membedakan berbagai macam tekstur makanan.

 

Sumber : Pexels
  1. Ajak anak tidur yang cukup.

Agar otak anak tidak kelebihan beban, maka anak harus beristirahat cukup agar perkembangannya terjadi secara merata. Biarkan anak mengisi kembali energinya dengan beristirahat yang cukup ya Superparents.

 

  1.  Jangan terlalau banyak diperlihatkan sesuatu yang bersifat media visual.

Media visual akan memberi banyak ransangan untuk otak anak. Ransangan ini terlalu cepat dan otak tidak mampu untuk mengolah informasi, sehingga anak justru akan mengolah informasinya dengan pasif.

Baca juga : ALASAN ANAK HARUS MULAI MEMILIKI PIKIRAN SESUAI FIRMAN TUHAN SEDARI DINI

  1. Bantu anak untuk sering menggunakan tangannya (motorik halus).

Bagian otak yang mengendalikan tangan sangat penting karena menempati area terluas di otak. Saat anak rajin menggunakan tangannya, maka otak akan terstimulasi sehingga motorik halus anak juga berkembang secara menyeluruh.

 

  1. Tata krama, karakter, dan pendidikan moral adalah hal penting.

Pada periode perkembangan otak, lobus frontal anak berkembang dengan eksplosif. Lobus frontal ini tidak hanya bertanggung jawab pada pemikiran dimensional tapi juga fungsi emosional. Oleh karena itu, penting bagi anak untuk dididik tentang tata krama dan karakter sehingga sikap serta pandangan hidup anak berkembang dengan benar.

 

Sumber : Pexels
  1. Perluas pengalaman anak.

Anak berpikir melalui pengalaman. Bukan hanya mempelajarinya melalui teori dan pengetahuan, tetapi mengalaminya langsung, merasakan, dan menyentuhnya dengan tangan sehingga ia mendapatkan sensasi yang nyata. Misalnya seperti melihat langsung ke kebun binatang dan memberi makan.

 

  1. Berilah anak banyak kesempatan untuk berimajinasi.

Inilah kenapa mendongeng sebelum tidur itu baik untuk anak. SuperParents bisa bercerita bermacam-macam hal sehingga anak bisa terpacu untuk berpikir dan mengimajinasikan cerita tersebut. Itulah yang membuat otak mereka berkembang.

Sumber : Chaisplay

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK