ARTICLE

Thu - Jan 31, 2019 / 624 / Parenting

Alasan Anak Harus Mulai Memiliki Pikiran Sesuai Firman Tuhan Sedari Dini

Membangun karakter Tuhan dalam diri anak adalah hal yang tidak bisa kita abaikan. Ini merupakan hal vital yang perlu dipelajari anak sedari dini. Dengan karakter ini ada di dalam anak, mereka akan bertumbuh dengan EQ dan SQ yang baik. Sesuai dengan pesan Tuhan untuk kita semua para orangtua.

Lalu kenapa sih anak harus bisa berpikir sesuai dengan pemikiran Allah?

Baca juga : INI NIH CARA AMPUH UNTUK MEMBUAT ANAK MENJADI PENURUT

1. Alasan yang utama adalah proses keterlibatan anak

Semua hal dimulai dari pemikiran, pemikiran menyebabkan tindakan, tindakan membangun kebiasaan, dan kebiasaan bertumbuh menjadi karakter. Alkitab mengatakan, apa yang kita pikirkan itulah isi hati kita.

2. Anak akan membangun iman dimana mereka menjadikan firman Tuhan sebagai prioritas utama mereka. (2 Petrus 1: 5)

3. Kita harus membantu anak untuk hidup berpegang pada firman Tuhan dan ketetapan-Nya sesuai dengan kata Alkitab.

Di Ulangan 6, Tuhan memerintahkan secara jelas kepada SuperParents agar secara bijak mengajarkan firman Tuhan saat anak berjalan, duduk, bangun, ataupun tidur.

Sumber :leapfrog

 

Lalu bagaimana caranya agar anak memiliki pemikiran sesuai dengan firman Tuhan?

  1. Menjadikan firman Tuhan sebagai bagian dari hidup.

Jika SuperParents sudah “menumbuhkan Firman Tuhan dalam hati”, pasti Anda akan melakukan, merenungkan, dan membicarakannya sepanjang waktu. Nah tularkan hal yang sama kepada anak agar mereka juga tertarik dan meu mengamalkannya dalam kehidupan mereka.

 

  1. Membacanya bersama.

Yuk biasakan membaca firman Tuhan setiap hari bersama anak. Ini penting karena bisa memotivasi mereka untuk terbiasa membaca firman Tuhan sedari dini. Beberapa orangtua ada yang berpikir anaknya akan sulit menjalankan hal ini karena menilai Alkitab itu membosankan. Tapi kan sebenarnya bisa kita buat membaca firman Tuhan ini menjadi lebih menyenangkan dengan cara yang kreatif. Misalnya dengan Alkitab kartun, sambil memeragakannya, dll.

 

Sumber: ThoughtCo
  1. Mengingat firman Tuhan bersama.

Cara yang paling mudah untuk mengingat adalah dengan menyanyikannya. Saat ayat Alkitab dijadikan nyanyian, maka anak akan dengan mudah terngiang lirik lagunya yang berupa firman Tuhan itu. Selain itu, ada cara lain untuk mengingat ayat dan pasal secara menyenangkan lainnya:

  1. Gunakan gerakan untuk menggambarkan ayat tersebut.
  2. Gunakan gambar.
  3. Mengucapkannya dengan ekspresi.
  4. Gunakan skema dan berikan sticker untuk mempermudah mengingatnya.

 

  1. Menegur dan menasihati dengan firman Tuhan

Memang ini hal yang paling tidak mengenakkan untuk anak ya. Tapi ingat “sikap yang salah” adalah kesempatan yang tepat untuk mengajarkan anak tentang firman Tuhan. Arahkan dan tunjukkan bagaimana mereka harus bertindak dengan contoh yang nyata.

Sumber: the character corner

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK