ARTICLE

Tue - Apr 20, 2021 / 1532 / Inspirational

7 Perempuan Dalam Alkitab yang Bisa Menginspirasi dan Membuat Kita Semangat

Seperti biasa, besok, 21 April 2021 kita akan memperingati hari Kartini. Hari dimana biasanya anak-anak bersekolah dengan menggunakan pakaian adat dan berdandan ala daerahnya masing-masing. R.A. Kartini sendiri adalah pelopor kebangkitan kaum wanita di Indonesia, khususnya pribumi. Ia lahir di Jepara, tanggal 21 April 1879. Oleh karena itu, kita memperingati hari Kartini di hari kelahirannya.

Tapi tahukah Super Parents, kalau ternyata dalam Alkitab juga banyak banget wanita yang dipakai Tuhan secara luar biasa? Mau tahu siapa saja mereka? Yuk simak dibawah ini.

  1. Rahab, Pelacur berhati emas (Yosua 2:1-24)

Walaupun ia dipandang rendah karena statusnya, namun Rahab menolong dua mata-mata yang dikirim oleh Yosua agar bisa melarikan diri. Begitu melihat mereka, Rahab tau bahwa ada sebuah kesempatan agar ia selamat. Rahab mengenali rencana ilahi dalam momentum tersebut. Dari kisah ini, kita bisa belajar dari Rahab yang melakukan perbuatan baik untuk menolong orang lain. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk berbuat baik kepada sekitar kita.

 Baca juga : SUDAH TAHU BELUM, TERNYATA INI PERBEDAAN PASKAHNYA ORANG YAHUDI DENGAN KRISTIANI

  1. Debora, Ksatria wanita (Hakim-hakim 4:5)

Seorang hakim wanita yang memerintah Israel. Setelah 20 tahun ditindas, dia memanggil jenderal militer membawa 10.000 prajurit untuk menyerang musuh. Ia juga maju dalam peperangan itu. Debora menunjukkan kepada kita bahwa seorang wanita juga harus bisa memimpin dengan bijaksana. Debora dengan rendah hati mendelegasikan tugas, namun ia juga berani mengambil tanggung jawab ketika orang dipimpinnya tidak mampu. Debora adalah seorang pemimpin wanita yang berani sekaligus tegas.

 

  1. Ruth, Setia (Kitab Ruth)

Ruth adalah menantu yang setia menemani mertuanya yang telah kehilangan semangat hidup setelah kehilangan banyak hal dalam hidupnya. Beruntungnya Ruth bertemu Boas. Setelah mereka bersatu, pemulihan terjadi untuk Ruth dan keluarganya. Mereka memiliki putra bernama Obed, kakek Daud. Dari garis keturunan itulah Tuhan Yesus hadir. Ketulusan cinta dan kesetiaan Ruth mengajarkan kepada kita bahwa akan membawa penggenapan sebuah rencana Ilahi.

 

  1. Ester, Ratu yang berani dan bijaksana (Kitab Ester)

Ester adalah seorang yatim piatu yang mengikuti kontes menjadi selir raja. Akhirnya ia menjadi seorang Ratu dan bisa menyelamatkan bangsanya dari rencana pembunuhan masal. Ester mengingatkan kita agar tidak membatasi diri kita dalam kenyamanan, namun harus berani memperjuangkan nasib orang lain. Kita harus peduli, walaupun kadang harus mempertaruhkan segalanya dalam perjuangan kita.

 Baca juga : AYAT ALKITAB YANG SERINGKALI DISALAHARTIKAN OLEH ORANG

  1. Maria, Ibu Yesus (Lukas 1;2;4;8)

Pasti tahu donk kisah Maria yang didatangi oleh malaikat dan diberi kabar bahwa ia akan mengandung bayi Yesus. Yang mengesankan adalah bagaimana dia bisa berkata,”Ya”. Imannya adalah hal yang luar biasa. Iman adalah anugerah Tuhan. Kita harus belajar mengatakan ya seperti Maria, pada rencana Tuhan dalam hidup kita.

 

  1. Wanita Samaria di depan sumur (Yohanes 4:1-30)

Seperti Yesus, wanita ini datang ke sumur karena haus. Tapi wanita ini juga haus akan kasih. Setelah Tuhan Yesus ubahkan dia, wanita ini akhirnya mengambil “air kehidupan” dan tidak akan pernah merasa haus lagi. Dari sini kita belajar betapa dahsyatnya kuasa dari sebuah pertobatan yang mengubahkan.

 

  1. Maria Magdalena, wanita yang cinta Tuhan (Matius 27:55-56)

Setelah Tuhan mengusir roh jahat dan menyembuhkannya (Lukas 8: 1-2), Maria Magdalena ikut melayani bersama Yesus dan memimpin kaum wanita. Meneladani Maria Magdalena, kita bisa menjadikan passion kita kepada Tuhan sebagai motor penyemangat untuk meraih cita-cita.

 

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK