ARTICLE

Tue - Mar 23, 2021 / 262 / Inspirational

Sudah Tahu Belum, Ternyata Ini Perbedaan Paskahnya Orang Yahudi dengan Kristiani

Tahukah kamu kalau ternyata tradisi Paskah itu sudah ada sebelum Tuhan Yesus hadir di dunia lho! Lho kok bisa? Kan kebanyakan dari kita mengenal bahwa Paskah itu kita rayakan sebagai hari kebangkitan Yesus Kristus. Tapi ternyata bangsa Israel sudah mengenal Paskah pada Zamannya Musa. Mau tahu lebih lanjut penjelasannya, baca sampai habis ya…

 

Sejarah Paskah

Kalau kita teliti lagi dari sejarahnya ya, Paskah sebenarnya sudah ada sejak jaman Musa. Nah, bagi orang Yahudi sendiri Paskah adalah hari raya yang paling suci. Kenapa? Karena di momen Paskah (Ibrani: Pesach) mereka memperingati kisah keluarnya bangsa Israel dari Mesir (ditulis dalam kitab Keluaran, Bilangan dan Ulangan). Di sana dituliskan bagaimana Musa membawa keluar umat Allah menuju padang gurun dan melakukan perjalanan selama 40 tahun menuju tanah perjanjian Allah yaitu Kanaan (tanah Israel).

Baca juga : SERBA SERBI TENTANG MINGGU PALMA YANG HARUS KITA KETAHUI DAN SAMPAIKAN KEPADA ANAK

Waktu perayaan Paskah tiba, orang-orang Yahudi akan menggelar sebuah festival selama seminggu dan diisi dengan ritual-ritual penting, termasuk menyajikan makanan Paskah tradisional yang disebut dengan Seder, kemudian membersihkan rumah dari segala macam produk makanan beragi, lalu mengumandangkan kisah tentang pembebasan bangsa Israel.

 

Tradisi Paskah

Kalau dalam Kristen atau Katolik, perayaan Paskah sendiri dilakukan untuk tujuan memperingati kematian Yesus. Dan momen ini menjadi penting setelah Natal karena Paskah mengingatkan kita kembali tentang karya penebusan Yesus di kayu salib. Tak ada hal yang terlalu tradisi saat perayaan ini, selain memperingatinya dengan jalan salib, berpuasa dan berdoa.

Berbeda dengan orang Yahudi, yang ternyata memperingati Paskah berdasarkan tradisi yang mereka anut sejak jaman Musa. Beberapa ritual yang mereka persiapkan untuk menyambut Paskah adalah:

1. Pembersihan makanan beragi dari dalam rumah

Salah satu ritual paling penting bagi orang Yahudi saat menyambut Paskah adalah mengeluarkan semua produk makanan yang beragi atau disebut Chametz dari rumah mereka sebelum liburan dimulai. Mereka juga akan puasa memakan makanan beragi selama Paskah.

Jadi selama bulan Paskah ini, orang Yahudi akan menjual Chametz mereka ke orang-orang non-Yahudi. Mereka akan kembali mengkonsumsinya ketika Paskah sudah berakhir.

Baca juga : 6 KISAH MELULUHKAN HATI TENTANG ANAK-ANAK YANG MEMBANTU DAN MELAYANI ORANG LAIN

2Hanya memakan roti Matzah (matzo)

Untuk mengganti roti beragi, mereka pun memilih roti tak beragi yang disebut matzo. Roti ini juga punya sejarah tersendiri. Menurut cerita, jenis roti inilah yang mereka bawa sebagai bekal ketika keluar dari Mesir. Roti ini dibuat dengan air dan tepung khusus saja. Tepung dan air diremas, digulung, dilubangi dan dipanggang dalam waktu 18 menit.

3. Ritual makan sembari mendengar kisah tokoh Yahudi

Ritual ini disebut dengan Seder Plate. Biasanya keluarga-keluarga Yahudi akan makan bersama di malam pertama Paskah. Selama maka, mereka akan mendengar cerita tokoh-tokoh Yahudi seperti Abraham, Ishak, dan Yakub lalu diakhiri dengan kisah penyelamatan mereka dari Mesir oleh bapa leluhurnya Musa. Bagian terpenting dari makan bersama ini adalah pembacaan kisah tokoh Yahudi, meminum anggur dan memecah-mecahkan roti matzo (matzah) dan membagi-baginya kepada anggota keluarga.

4. Menyediakan piring khusus atau Seder Plate

Bagian penting lainnya dalam Paskah Yahudi adalah menyediakan piring makan khusus. Sementara menu-menu makanannya akan disusun sedemikian rupa sesuai dengan tempatnya. Hidangan yang tersedia terdiri dari roti matzo, ramuan pahit, tulang rusuk domba, campuran buah, kacang dan anggur. Sedang menu khusus lainnya adalah matzo kugel (sejenis puding yang terbuat dari roti matzo dan apel), roti ikan rebus (gefilte), sup ayam dengan roti matzo bola-bola.

 Baca juga : INGIN INVESTASI TAPI MASIH TAKUT DAN BINGUNG, SIMAK PENJELASANNYA DISINI YUK

Selain ritual-ritual di atas, orang Yahudi juga punya permainan unik di hari Paskah, mirip seperti mencari telur Paskah loh. Biasanya orang Yahudi melakukan permainan afikomen yaitu permainan mencari roti matzo yang disembunyikan di suatu tempat di malam sebelumnya. Biasanya, permainan ini diperuntukkan bagi anak-anak. Mereka yang berhasil menemukan potongan matzo pun akan diberikan hadiah berupa uang.

Sumber: Jawaban.com

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK