ARTICLE

Fri - Oct 05, 2018 / 555 / Parenting

Cara Mudah Mengajari Anak Remaja Anda Mengelola Uang

Di jaman yang serba ‘uang’ ini, dibutuhkan keterampilan dalam mengelola keuangan. Pengelolaan keuangan ini bukanlah hal yang mudah dan bisa dipraktekkan dalam waktu singkat. Butuh kebiasaan dan kedisiplinan tinggi. Jika sekarang aja semuanya butuh uang, gimana dengan jaman anak-anak kita ketika mereka dewasa kelak?

Untuk itu, Super Parents perlu mengajarkan anak tentang keuangan sejak ia kecil. Selain mempersiapkan agar keadaan keuangannya kelak stabil, anak juga bisa memperoleh banyak manfaat dari cara mengelola uang yang baik.

Baca juga: MILIKI 3 CARA BERPIKIR INI UNTUK MENINGKATKAN FINANSIALMU

ORANGTUA HARUS TAHU! 6 CARA BERIKUT AKAN MEMBANTU ANDA MENDIDIK ANAK MENURUT IMAN KRISTEN

Cara paling mudah mengelola keuangan yang bisa Anda ajarkan adalah dengan memberinya uang saku tiap bulan. Anda bisa mulai memberlakukan cara ini bagi anak yang sudah duduk di bangku SMP.

Untuk membiasakannya, mulailah dengan memberinya uang setiap minggu selama satu bulan pertama.

Ketika belajar mengelola uang sakunya, ajari anak menulis setiap pengeluaran di sebuah notes dan melaporkannya kepada Anda setiap akhir pekan. Ketika ia menunjukkan hasil ‘belanjanya’, Anda bisa memberi sedikit masukan mengenai mana yang benar-benar ia perlukan dan mana yang sebaiknya tidak harus dibeli.

Dengan demikian anak bisa belajar memilah antara kebutuhan dan keinginan, tidak sekedar menghabiskan uang karena merasa ia punya uang.

Ketika ia naik kelas, Super Parents bisa mulai menambahkan nominal uang sakunya. Tapi tentu saja Anda bisa menambah tugasnya di rumah, misalnya membantu Anda melakukan beberapa pekerjaan rumah.

Baca juga: HINDARI 7 KESALAHAN INI AGAR ANDA MENJADI ORANGTUA YANG BIJAK

KENALI 5 TANDA ANAK REMAJA ANDA SEDANG MENGALAMI MASALAH

Nah, sebenarnya mudah kan melatih anak mengelola keuangannya sendiri? Percaya deh, meskipun kelak keadaan ekonomi tidak menentu, berbekal kebiasaan yang diajarkan Super Parents, anak Anda akan tetap bijak mengelola keuangannya.

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK