ARTICLE

Thu - Sep 27, 2018 / 1197 / Parenting

Orangtua Harus Tahu! 6 Cara Berikut Akan Membantu Anda Mendidik Anak Menurut Iman Kristen

Menjadi orang Kristen harus menunjukkan gaya hidup yang berbeda dengan dunia. Tidak terkecuali dalam hal mendidik anak. Hal ini karena menanamkan pengetahuan tentang keKristenan sejak dini akan menentukan sikap dan karakter anak di kemudian hari.

Berbekal pengetahuan firman Tuhan yang terdapat di Alkitab, Super Parents bisa kok membekali anak-anak agar mereka tumbuh menjadi orang Kristen yang memiliki iman kokoh. Berikut ini beberapa cara mendidik anak menurut iman Kristen yang sesuai dan benar.

1. Berdoa

Sumber: The CSF

Doa tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Selain memohon tuntunan Tuhan agar Super Parents bisa mendidik anak dengan baik, doa juga bermanfaat membentengi anak dari gangguan-gangguan yang tidak diinginkan. Meskipun sedang berjauhan dengan anak, misalnya ketika ia berada di sekolah, doa Super Parents bisa menjaganya sehingga Anda tidak perlu khawatir.

2. Sabar

Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk mendidik anak. Jangan bosan, jenuh, kemudian jengkel karena seorang anak memang butuh pengajaran berulang hingga mereka mengerti benar tentang apa yang boleh dan tidak boleh sebagai umat Kristen. Tidak mudah melakukannya, namun dengan kesabaran dan bersandar pada Tuhan, Ia akan memberikan hikmat pada Anda.

Sumber: Advantage 4 Parents

3. Ajari dengan lemah lembut

Lemah lembut berbeda dengan sabar. Amsal 15:1 mengatakan “jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.” Tanamkan nilai-nilai Kristen dengan penuh kelembutan agar mudah diterima dan dicontoh anak. Dilarang menggunakan kata-kata tidak layak yang malah akan menurunkan gairah anak untuk menjadi lebih baik.

4. Tuntunan Roh Kudus

Super Parents harus melibatkan peranan Roh Kudus agar bisa berkata-kata dan bertindak sesuai didikan Kristen. Roh Kudus akan bekerja untuk Anda dan anak Anda sehingga ia mudah menerima dan memahami maksud Tuhan melalui ajaran Anda.

5. Jujur

Didiklah anak dengan penuh kejujuran dan tidak menakuti anak. Hindari menakut-nakuti anak dengan akibat yang akan ia terima jika ia tidak melakukan sesuatu yang Anda inginkan.

6. Takut Tuhan

Yang paling utama dalam mendidik anak sesuai ajaran Kristen ialah ajari dia untuk takut Tuhan dan bukan takut pada manusia. Jika ia takut Tuhan maka roh Kudus tinggal di dalamnya dan ia akan menghindari keinginan duniawi meskipun tidak ada yang melihat.

Demikian 6 cara yang bisa membantu Super Parents mendidik anak sesuai dengan iman Kristen. Dengan cara di atas maka anak akan bertumbuh dan berbuah di dalam Kristus dalam iman yang baik.

Sumber: Tuhan Yesus.org

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK