ARTICLE

Wed - Sep 18, 2019 / 277 / Parenting

Yuk, Jaga Anak Kita Dalam 3 Hal Berikut Ini!

Siapa sih yang jaman sekarang gak punya handphone? Hampir semua orang, termasuk anak-anak, punya handphone. Handphone berguna sekali di era teknologi ini. Kita bisa berkomunikasi, bekerja, bahkan membeli sesuatu lewat handphone. Tapi, ini juga bisa jadi bumerang jika tidak digunakan dengan baik loh. Termasuk, ketika ada di tangan anak-anak.

Boleh gak sih anak-anak punya handphone? Boleh, tapi orang tua harus bertanggungjawab ajari dan awasi anak menggunakan handphone dengan benar. Ironisnya, banyak orang tua yang tidak mau melakukannya. Hasilnya, anak-anak menggunakan handphone untuk hal negatif. Jadi, penting untuk mengawasi apa saja yang diakses oleh anak kita.

Lalu, hal apa aja yang harus diawasi orang tua pada handphone anaknya?

Baca juga: 4 LAGU TERBARU REKOMENDASI TERBAIK BUAT SAAT TEDUH KAMU!

  1. Video

Ini adalah hal pertama yang harus orang tua awasi. Anak-anak sangat mudah meniru tindakan melalui apa yang mereka lihat. Mereka bisa melihat apa saja dengan mudah melalui handphone. Facebook, Instagram, bahkan Youtube menampilkan banyak video setiap harinya, dan anak-anak SuperParents bisa akses itu tanpa ada batasan loh.

Banyak orang kecanduan video porno berawal dari “tidak sengaja” melihat videonya di Facebook, Instagram, atau Youtube mereka. Nah, kalau kita tidak awasi, dan ternyata anak kita sudah menjadi pecandu, bahaya sekali bukan? Jadi, ayo SuperParents, mumpung masih bisa diawasi, mulai awasi anak dari tontonan mereka di handphone.

Sumber: scienceabc.com
  1. Permainan

Dulu, ketika kita kecil, bermain permainan tradisional sangat seru. Namun, itu berbeda dengan jaman sekarang. Handphone bagi anak sudah menjadi sarana bermain. Ya, tentu tidak salah anak bermain di handphone SuperParents. Tapi, akan menjadi bahaya ketika anak tidak diawasi ketika bermain. Apa bahayanya?

Anak bisa jadi candu dengan permainan, sampai lupa makan, mandi, bahkan tidur. Bahkan, anak-anak pun akan berani membantah orang tua ketika mereka sudah candu. Jadi, SuperParents bisa awasi mereka dengan tetapkan hari dan jam bermain untuk mereka dan pastikan SuperParents tahu permainan apa yang dimainkan oleh anak. Yuk, segera awasi sebelum terlambat.

Sumber: Pexels.com
  1. Lagu

SuperParents, hati-hati sama hal ini ya. Kita sering meremehkan pengaruh dari lagu, dan kita izinkan anak kita dengar banyak lagu, tanpa tahu makna lagu tersebut. SuperParents tahu gak, kalau anak-anak itu peniru yang handal. Mereka bukan cuman meniru tindakan, tapi juga meniru perkataan, bahkan perkataan tersebut bisa menjadi tindakan mereka. Hah, apa mungkin? Tentu saja!

Roma 10:7 berkata, “Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus”. Jadi, apa yang kita dengar mempengaruhi hidup kita, bahkan iman kita. Gak heran, banyak anak-anak yang sudah berani melakukan hal-hal seksual sebelum waktunya, karena jaman sekarang, anak-anak disuguhkan lagu-lagu cinta yang liriknya dewasa. Anak-anak pun terima ini sebagai sebuah gaya hidup loh, karena penyanyinya pun menyanyikannya dan lagunya terkenal. Benar gak, SuperParents?

Baca juga: LAGU SEKOLAH MINGGU NGEHITS LAGI? SIAPA TAKUT!

Nah, untuk membantu awasi anak dalam tiga hal ini, SuperParents bisa subscribe akun Youtube kita, Superbook Indonesia. Anak bisa melihat video firman Tuhan khas Superbook, dan video permainan seru dan lagu-lagu sekolah Minggu yang asik banget. Wah, seru banget kan? Jadi, yuk SuperParents, kita muridkan anak bersama Superbook Indonesia.

KLIK UNTUK SUBSCRIBE AKUN YOUTUBE SUPERBOOK INDONESIA

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK