ARTICLE

Thu - Apr 25, 2024 / 195 / Parenting

Mendorong Anak Untuk Bisa Menjadi Pahlawan: Teladan dari Kisah Ratu Ester

SuperParents, sebagai orang tua, kita pastinya ingin melihat anak-anak kita tumbuh menjadi individu yang berani, penuh kasih, dan mampu bertindak benar. Salah satu contoh teladan seorang pahlawan yang dapat kita pelajari adalah kisah Ratu Ester dalam Alkitab. Bagaimana ia berani berdiri bagi bangsanya. Berikut ini Superbook merangkum beberapa tips sederhana yang dapat membantu SuperParents mendorong anak-anak kita menjadi pahlawan dalam kehidupan mereka:

1. Ajarkan Rasa Kepedulian

Ceritakan kepada mereka kisah-kisah inspiratif dari Alkitab, seperti halnya kisah Ratu Ester yang memiliki kepedulian yang besar terhadap bangsanya dan bersedia mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan mereka. Contoh ini akan mengajarkan mereka tentang pentingnya memiliki hati yang peduli terhadap keadaan orang lain di sekitar mereka.

2. Dorong untuk Bertindak Berani dan Mandiri

SuperParents bisa ceritakan kepada mereka tentang bagaimana Ratu Ester mengumpulkan keberanian untuk berbicara atas nama bangsanya kepada raja, meskipun dia awalnya ragu. Ini akan membantu anak-anak memahami bahwa keberanian bukanlah tentang tidak merasa takut, tetapi tentang bertindak meskipun merasa takut.

3. Ajarkan untuk Mengandalkan Tuhan dalam Doa

Tunjukkan kepada mereka bahwa kekuatan sejati datang dari Tuhan, dan kita dapat meminta pertolongan dan petunjuk-Nya dalam setiap langkah hidup kita. Seperti, kisah Ester yang berani memohon belas kasihan raja dalam doa dan puasa. Ini memberikan contoh bahwa mengandalkan Tuhan akan membawa kekuatan dan bantuan di saat kita membutuhkannya.

4. Latihlah Tanggung Jawab dan Empati

Berikan mereka tanggung jawab yang sesuai dengan usia mereka dan ajarkan untuk peduli terhadap kebutuhan orang lain di sekitar mereka. Ceritakan kepada mereka tentang bagaimana Ratu Ester bertanggung jawab untuk menyelamatkan bangsanya dan berempati terhadap penderitaan mereka meski Ratu Ester bisa dikatakan bahwa ia sudah berada di posisi aman. Ini akan membantu anak-anak memahami bahwa menjadi pahlawan tidak hanya tentang berani bertindak, tetapi juga tentang peduli dan bertanggung jawab terhadap orang lain.

Kisah inspiratif dari Alkitab, seperti kisah Ratu Ester, memberikan contoh nyata tentang bagaimana keberanian, kepedulian, dan ketergantungan pada Tuhan dapat membawa perubahan yang besar.

Mari kita terus memberikan dorongan dan teladan kepada anak-anak kita, sehingga mereka dapat menjadi pahlawan-pahlawan kecil yang menjadi berkat di mana mereka berada.

BACA JUGA : ARTI PAHLAWAN DALAM ALKITAB

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK