ARTICLE

Fri - Apr 20, 2018 / 1102 /

Ternyata Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Hubungan Asmaramu Lho

Mempunyai pasangan merupakan salah satu kebutuhan manusia. Tuhan sendiri menyadari hal itu. Makanya Ia ciptakan Hawa untuk menemani Adam yang membutuhkan penolong yang sepadan dengannya.

Tapi ketika kita sudah mendapatkan pasangan tersebut kadang kita lupa bahwa masih harus ada usaha untuk mempertahankan hubungan tersebut. Istilahnya ‘cinta tanpa usaha adalah omong kosong’. Kalau kita tidak mengusahakan dan bertindak untuk mengembangkan hubungan tersebut jangan shock jika akhirnya menghadapi kegagalan. Bisa jadi ada konflik bahkan putus cinta.

Oleh karena itu, ayo kita renungkan sekarang, apakah kamu masih menjalani kebiasaan dibawah ini dalam hubunganmu?

1. Memulai percakapan atau obrolan yang membosankan

Sumber: everydayknow.com

Semua orang suka berpikir kalau orang yang mereka cintai pasti akan peduli dengan semua kegiatan harian yang mereka jalani. Akibatnya, banyak dari kita yang terjebak untuk mengulang-ulang kebiasaan membosankan sebagai cara memberikan perhatian. Misalnya, “Gimana kerjaanmu, sayang?” Kebanyang gimana setiap hari kamu menanyakan hal ini ke pacar kamu. Jangan heran kalau dia bahkan kadang mulai bosan dan membalas dengan nada datar saja. ‘Ya. Biasa aja.” Atau ‘Baik.’ Hah..pasti menurutnya pertanyaan itu amat sangat membosankan.

Kamu bisa saja mencari cara untuk memperbaharui percakapan kalian dengan sesuatu yang berbeda. Misalnya menanyakan dia soal hal lain yang nggak pernah kamu tanyakan sebelumnya. “Tadi ada kejadian lucu nggak di kantor?” atau “Yang, kamu suka kegiatan apa belakangan ini?” dan sebagainya.

 

2. Menuntut supaya dimengerti

Sumber: planyourmeetings.com

Jujur aja kaum hawa biasanya paling sering melakukan kesalahan ini. Mereka merasa adalah mahluk yang memang harus dimengerti, dicintai dan diperlakukan laiknya seorang princess. Tapi kebenarannya, kaum adam justru adalah mahluk yang paling nggak peka. Mereka paling nggak bisa menerka-nerka seperti paranormal. Jadi, berhentilah ngambek-ngambekan karena dia lupa ulang tahunmu atau bete karena pacarmu nggak ngerti sama bahasa kodemu.

Kuncinya, terutama buat semua kaum hawa ya, berterus terang saja sama dia. Jangan suka ngambek diam-diam. Karena dia sama sekali nggak bakal ngerti sama ekspresi diammu.

 

3. Mulai memancing pembicaraan yang sensitif

Sumber: Everyday Feminism

Itu sebabnya kenapa komunikasi yang sehat itu penting sekali dibangun dalam menjalani sebuah hubungan asmara. Sebaliknya, memancing percakapan atau pembicaraan yang sensitif hanya bakal menciptakan ketegangan dan konflik dan bencana yang lebih mengerikan.

Kalau gitu gimana caranya membangun komunikasi yang baik? Cara terbaik untuk menghindari konflik atau percekcokan adalah lebih bijaksana dalam memilih waktu yang tepat untuk mengungkapkan sesuatu hal yang serius atau penting. Kalau memang waktunya lagi nggak tepat buat membahas sesuatu, ya jangan coba memulainya.

 

4. Membiarkan konflik berlarut-larut

Sumber: fucsia.co

Ini adalah kebiasaan yang paling buruk yang sering terjadi. Kalau dibanding pasangan muda, pasangan yang lebih dewasa mungkin memilih segera menyelesaikan kalau ada konflik. Karena membiarkan konflik berlama-lama justru hanya akan menimbulkan persoalan yang makin menjadi-jadi. Kebayang kalau setiap kali ketemu, kamu harus diem-dieman dan mulai jaga-jaga kalau-kalau salah satu mulai lagi membahas hal yang sama.

 

5. Menyebarkan kebiasaan buruk pasangan ke orang lain

Sumber: humanresourcesonline.net

Di artikel sebelumnya kita membahas soal dampak negatif membagikan masalah hubungan ke orang lain. Nah, waktu kamu baca artikel itu kamu bakal paham kalau membicarakan hal yang paling nggak kamu suka dari pasanganmu ke orang lain itu amat sangat krusial. Selain hanya bikin citra diri pasangan kamu buruk dimata orang lain, bisa jadi pandangan dari orang yang kamu ajak curhat bisa mempengaruhi kamu dan malah memperburuk hubunganmu sama si dia.

Alangkah baiknya kalau setiap persoalan yang kalian hadapi, diselesaikan bersama-sama tanpa melibatkan orang lain, sekalipun itu teman dekat sendiri.

Inilah lima kebiasaan buruk yang cepat atau lambat merusak hubungan. Tapi kalau kamu akhirnya mulai menyadari hal ini sejak sekarang, akan lebih baik jika mulai mengambil langkah untuk mengubah diri terlebih dahulu.

Selain itu, libatkan juga Tuhan dalam hubunganmu. Jangan biarkan urusan hubunganmu hanya kamu tanggung sendiri, karena Tuhan juga punya andil untuk mengarahkan dan membawa kalian pada hubungan yang sehat dan baik.

Sumber: Jawaban.com

Baca juga:

ATASI HUBUNGAN YANG SEDANG RENTAN KARENA ADANYA KRISIS KEPERCAYAAN DENGAN 4 CARA INI

DARIPADA DOSA MENGHADAPI ORANG MENYEBALKAN, LEBIH BAIK TENANGKAN HATI DENGAN 4 AYAT INI

JANGAN EJEK GENERASI MILENIAL LAGI KARENA SIAPA TAHU KAMU JUSTRU MASUK KATEGORINYA

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK