ARTICLE

Fri - Apr 06, 2018 / 2287 /

Daripada Dosa Menghadapi Orang Menyebalkan, Lebih Baik Tenangkan Hati dengan 4 Ayat Ini

Gemas rasanya kalau menghadapi orang yang menyebalkan. Mau “membalas” tapi nanti dosa karena dianggap tidak bisa mengasihi musuh. Kalau didiamkan juga, orangnya malah menjadi-jadi. Sudah berulang kali kita menjelaskan bahwa tidak setuju dengan perilaku dan pemikirannya, tapi entah kenapa orang ini tidak mau berubah.

Saking kesalnya dengan orang tersebut, membuat kita menjadi rusak mood dan akhirnya mengumpat  karena sebal. Padahal Alkitab sendiri disebutkan kalau kita harus menjaga diri bahkan hati kita, karena tubuh kita adalah bait Allah. Masak mau dirusak karena misuh-misuh akibat kelakukan orang lain. Daripada makin panas, lebih baik buat adem hati dan pikiran lewat ayat berikut ini:

 

1. Efesus 4:2-3

Sumber: aadhaarcardnews.in

Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membatu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera.”

Ketika ada sebuah perselisihan, kelemahlembutan sangat diperlukan. Yesus telah memberi teladan untuk melayani sebagai seorang hamba. Alasan mengapa kita tidak bisa bersikap lemah lembut adalah karena kita memandang diri kita terlalu tinggi.

Ayat diatas kembali mengingatkan kita bahwa dalam sikap yang rendah hati, ada kelemahlembutan di dalamnya. Meskipun orang tersebut menyebalkan dan membuat kita naik pitam, kita harus terus berlaku lemah lembut sebagai bukti kasih kita kepada sesama.

 

2. 1 Samuel 16:7

Sumber: Dreamstime.com

“Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: ”Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.”

Satu orang bisa dipakai Tuhan untuk mengubahkan kehidupan kita secara luar biasa. Mungkin kita mengira kalau hal tersebut sangatlah membuat tidak nyaman, tetapi sebenarnya Tuhan sedang mengajarkan kita menjadi pribadi yang dewasa dalam menyikapi perbuatan orang tersebut pada kita. Karenanya, sikapilah orang tersebut dengan penuh kasih, karena Tuhan akan selalu menilik hati kita.

 

3. Yakobus 1:19-20

Sumber: The Movie Rat

'Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.'

Orang yang menyebalkan seringkali membuat kita jengkel dan marah. Ayat di atas kembali mengingatkan untuk bisa menyikapi orang tersebut dengan empati dan menahan diri pada kemarahan. Pengendalian diri atas kemarahan yang baik dapat membuat kita mendengar suara Tuhan dalam hati nurani kita.

 

4. Lukas 6:31

Sumber: Goodnet.org

'Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat demikian kepadamu, perbuatlah demikian pada mereka.'

Untuk bisa menebus manusia, Tuhan Yesus merendahkan diri dan menempatkan diriNya sebagai seorang manusia. Padahal, kita tahu kalau Yesus adalah Tuhan. Meneladani sikap Yesus memang tidaklah mudah, tetapi kita harus bisa menempatkan diri kita pada posisi orang tersebut, karena Yesus telah berbuat demikian untuk menebus dosa kita.

Tidak ada hal yang kebetulan terjadi dalam kehidupan ini. Tuhan pasti sudah punya rencana saat diriNya memperbolehkan orang yang menyebalkan tersebut hadir dalam hidup kita.Saat kita merasa terganggu dengan kehadiran orang yang menyebalkan ini, bawalah namanya dalam setiap doa kita. Mintalah kepada Tuhan untuk melembutkan hati orang tersebut dan memberi kelegaan atas kita.  

Sumber: jawaban.com

Baca juga:

DARIPADA SEMAKIN MEMBERONTAK, GUNAKAN 3 AYAT INI SEBAGAI PEDOMAN MENASIHATI ANAK

6 CARA AMPUH MENGAJARKAN FIRMAN TUHAN KEPADA ANAK SEDARI DINI

JANGAN HAKIMI ANAK KARENA KETERBATASANNYA, BERIKAN HAL INI KEPADANYA AGAR MEREKA SUKSES

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK