ARTICLE

Wed - Apr 04, 2018 / 2468 /

Jangan Ejek Generasi Milenial Lagi Karena Siapa Tahu Kamu Justru Masuk Kategorinya

Ada orang yang bilang kalau anak yang lahir di atas tahun 2000-an dikategorikan sebagai generasi Z. Ada juga yang bilang generasi milenial itu adalah orang yang lahir diantara tahun 1980 – 2000an. Tapi sebagian orang juga bilang tidak sampai tahun 2000. Wah jadi bingung yang benar yang mana ya.

Generasi yang lebih tua cenderung mengolok-olok generasi yang lebih muda. Coba siapakah dari Anda yang pernah mendengar kalimat,”Kalau zaman saya dulu, tidak ada tuh smartphone dan games seperti ini. Jadi dulu saya nggak individual. Coba kalau anak zaman sekarang. Dikit-dikit pegang HP. Terus juga jadi kurang peduli dengan sekitarnya, individualistis.”

Generasi yang lebih tua seringkali menyalahkan segala sesuatu yang dilakukan ataupun dimiliki generasi milenial. Bukan hanya itu tidak adil, kadang pernyataan mereka juga tidak sepenuhnya benar. Betapa pentingnya generasi yang lebih tua untuk berhenti menyalahkan yang lebih muda.

Generasi milenial dituduh sebagai generasi yang malas, dangkal, dan mengganggu. Lalu siapa sebenarnya orang-orang generasi milenial ini? Banyak orang percaya bahwa mereka adalah kelompok yang masih muda termasuk remaja saat ini. Tapi sebenarnya ini tidak benar. Ternyata kalau Anda lahir di tahun 1981 dan 1996, sebenarnya Anda termasuk dalam generasi ini.

Menurut lembaga penelitian di Amerika Serikat, Pew Research Center, generasi milenial adalah orang yang lahir dari tahun 1981-1996. Jadi berhenti menyalahkan anak milenial karena mungkin justru Anda salah satunya.

“Pew Research Center telah mempelajari generasi milenial selama lebih dari satu dekade. Namun ketika masuk 2018, menjadi jelas bagi kita bahwa sudah waktunya menentukan titik yang memotong generasi milenial ini ke generasi berikutnya,” kata Michael Dimock, Presiden Pew Research Center dalam website mereka.

Sumber: viral4real.com

“Menjelang 37 tahun ini, generasi milenial tertua masuk ke masa dewasa. Mereka masuk ke masa ini sebelum orang dewasa muda pertama lahir.”

Dimock mengatakan bahwa titik potong generasi bukan sesuatu “ilmu pasti” dan harus dilihat sebagai “alat”.

“Generasi sering dianggap sebagai rentangan, tapi sekali lagi tidak ada formula yang disepakati untuk lamanya rentang itu seharusnya. Pada 16 tahun (dari tahun 1981 – 1996), definisi milenial setara dalam rentang usia untuk generasi sebelumnya, yaitu generasi X (lahir antara 1965 – 1980). Dengan definisi ini, membuat kedua generasi ini lebih pendek dari generasi Baby Boomers. Atau  satu-satunya generasi yang ditunjuk Biro Sensus AS, berdasarkan lonjakan setelah perang dunia II tahun 1946 dan penurunan signifikan dalam kelahiran setelah 1964,”paparnya.

“Sejak orang tertua yang ada dalam generasi ini baru berusia 21 tahun, dan sebagian besar masih remaja, kami berpikir terlalu dini untuk memberikan mereka nama. Kami mengamati perbincangan antar peneliti, media, dan masyarakat yang akhirnya membantu nama generasi ini dibentuk,” jelasnya.

Sumber: viral4real.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK