ARTICLE

Mon - Jul 05, 2021 / 661 / Inspirational

Ternyata, Ini Asal Usul Raksasa Menurut Alkitab!

Masih ingatkah kakak dengan kisah Daud yang melawan Goliat? Nah saat itu bangsa Israel ketakutan saat Goliat maju, tapi tidak dengan Daud. Ia mampu mengalahkan raksasa dari bangsa Filistin. Jadi menurut kakak, apakah raksasa itu benar-benar ada? Dan apakah kakak bisa menjelaskan kalau ada anak sekolah minggu yang menanyakan asal usul raksasa di Alkitab?

Asal Usul Raksasa

Alkitab secara terus terang menyatakan bahwa raksasa pernah hidup di bumi. Pada Kejadian 6:4, “Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.” Inilah pertama kali kata raksasa (Nepilim) ditulis.

Baca juga : CERITA ALKITAB YANG BISA MENGUATKAN DAN MEMUPUK KEBERANIAN ANAK DI MASA PANDEMI

Dalam bahasa Ibrani, raksasa disebut dengan nepilim dan anak-anak Allah disebut B’nei Ha’Elohim. Kata-kata B’nei Ha’Elohim muncul lagi di Kitab Ayub sebagai referensi kepada para malaikat. “Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis.” (Ayub 1:6).

Artinya adalah dalam Kejadian 6:4 menceritakan tentang malaikat yang jatuh dan menyamar menjadi manusia dan menghampiri anak-anak manusia sehingga melahirkan nepilim (raksasa). Kata gagah perkasa dalam Kejadian 6:4 ini dalam bahasa Ibrani ditulis dengan kata “gibor”. Kata gibor punya banyak arti dan harus disesuaikan dengan konteks kalimatnya.

Arti “gibor” sendiri adalah berkuasa, tiran, jawara, pemenang, pemimpin, terkemuka, raksasa, manusia, manusia raksasa, orang kuat, gagah perkasa, mempunyai kekuasaan, pejuang, kuat, orang pemberani, dan pahlawan. Kata gibor juga digunakan untuk mendeskripsikan para pahlawan Raja Daud atau para raksasa. Namun di Kejadian 6:4 menunjukkan bahwa mereka itu raksasa, khususnya jika dibandingkan dengan tulisan-tulisan Ibrani kuno di luar Alkitab sebagai pertimbangan.

Baca juga : MANFAAT MENGAJARKAN ANAK UNTUK DAPAT BERKATA POSITIVE SELF TALK

Jadi raksasa lahir karena pernikahan antara malaikat dengan manusia?

Yap. Apa yang dilakukan para malaikat yang jatuh dan setan dalam Kejadian 6 adalah cara mereka untuk memusnahkan benih wanita yang suatu hari akan meremukkan kepala iblis (Kejadian 3: 15). Caranya adalah merusak ras murni manusia dan menggantinya dengan raksasa. Masih ingat dengan kisah Nuh? Saat itu manusia yang selamat dari air bah hanyalah keluarga Nuh. Nuh dan ketiga orang anaknya adalah ras murni manusia (Kejadian 6:9 – benar-benar murni). 

 

Namun bagaimana raksasa ini masih ada sampai zaman Raja Daud?  

Anak-anak Nuh yang keluar dari bahtera adalah Sem, Ham, dan Yafet. Ham adalah bapa Kanaan. Kita tahu bahwa para raksasa tinggal di Kanaan. Jadi keturunan Ham adalah Kush, Misraim, Put dan Kanaan (Kejadian 10: 6). Dan Misraim memperanakkan orang Ludim, orang Anamim, orang Lehabim, orang Naftuhim, orang Patrusim, orang Kasluhim dan orang Kaftorim; dari mereka inilah berasal orang Filistin (Kejadian 10:13).

Baca juga : ALASAN KENAPA TUHAN MARAH TAPI JUGA PANJANG SABAR

Seperti yang kita tahu, Goliat berasal dari bangsa Filistin. Ras raksasa sendiri ada di daerah Kanaan yang terdiri dari enam suku bangsa dimana Tuhan memerintahkan Israel untuk memusnahkannya, yaitu Het, Amori, Kanaan, Feris, Hewi, dan Yebus (Ulangan 20:17). Daud dan orang-orangnya akhirnya menumpas sisa-sisa raksasa yang ada di Israel. Nah menurut kakak, apakah keturunan raksasa masih ada sampai saat ini? Kalau ya, tulis yuk di kolom komentar.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK