ARTICLE

Wed - Feb 12, 2020 / 1949 / Sunday School

SERBA SERBI PELAYAN SEKOLAH MINGGU #5 – DILEMA PEMBAWA FIRMAN SEKOLAH MINGGU

Selain pemimpin pujian, pembawa firman juga menjadi ujung tombak dalam pelayanan sekolah Minggu. Mengerti tidaknya anak akan kebenaran Firman Tuhan juga dipengaruhi oleh pelayanan kakak. Sayangnya, banyak kakak sekolah Minggu yang tidak sadar hal ini!

Memberitakan firman Tuhan di sekolah Minggu jelas berbeda dengan di ibadah lain. Selain kita harus menyiapkan bahan firman dengan baik, masih ada banyak hal yang harus kakak siapkan. Apa saja sih?

Baca juga: TIPS UNTUK MENDIDIK ANAK MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK

  1. Siapkan alat peraga/ilustrasi

Anak-anak biasanya lebih mudah belajar ketika dihadapkan dengan hal yang nyata. Kita bisa melakukannya dengan menyediakan alat peraga untuk memudahkan mereka mengerti. Seperti, membawa peta ketika menjelaskan tempat di Alkitab, atau membawa peralatan khusus yan berhubungan dengan cerita, seperti roti dan ikan untuk kisah 5 roti dan 2 ikan, dan juga lainnya.

  1. Sesuaikan suara dan gestur dengan umur anak

Terkesan sepele, tapi penting loh kak. Contoh, jika ada di ruangan yang kecil, suara juga harus kecil. Atau, ketika usia sekitar 10-12 tahun, kakak harus gunakan nada dan gestur yang jelas dan tegas. Berbeda ketika melayani anak 6-9 tahun, dimana kaka harus menggunakan gestur yang ramah dan sering mengajak mereka berinteraksi, agar mereka tidak bosan. Gimana? Penting kan kak?

  1. Siapkan beberapa cara kreatif untuk menyampaikan firman

Nah, untuk ini, kakak juga butuh kerjasama dari kakak sekolah Minggu yang lain. Anak-anak mudah sekali bosan. Jadi, selalu siapkan hal baru ketika menyampaikan firman. Beberapa pilhan yang bisa kakak coba adalah dengan bermain panggung boneka, mini roleplay kisah Alkitab, atau mewarnai gambar. Jangan lupa, jika ingin kreatif, perhatikan juga usia anaknya ya kak.

Pastikan kakak persiapkan dengan baik ya kak. Agar firman yang disampaikan bisa dimengerti anak-anak. Selanjutnya, tugas para pelayan sekolah Minggu adalah memastikan bahwa firman tersebut DIHIDUPI OLEH ANAK-ANAK. Karena, tanpa perubahan hidup anak, semuanya percuma kak.

Baca juga: 5 CARA MEMBAGIKAN KASIH KEPADA ANAK SEKOLAH MINGGU KITA!

Oh iya, jika kakak ingin juga memberitakan kasih Tuhan kepada anak, tapi bingung caranya, kakak bisa bantu Superbook di program Discipleship Journey. Kakak cukup donasi sebesar Rp. 10.000 saja untuk bantu Superbook dan gereja lokal memuridkan lebih dari 10.000 anak di seluruh Indonesia dalam program Discipleship Journey ini.

Percayalah, kebaikan hati kakak bisa memenangkan generasi anak. Tuhan Yesus memberkati kak. Sampai jumpa di Serba-Serbi Pelayan Sekolah Minggu selanjutnya kak.

KLIK TULISAN INI UNTUK DONASI 10 RIBU RUPIAH

KLIK TULISAN INI UNTUK TAHU LEBIH TENTANG DISCIPLESHIP JOURNEY

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK