ARTICLE

Tue - Feb 11, 2020 / 668 / Sunday School

5 CARA MEMBAGIKAN KASIH KEPADA ANAK SEKOLAH MINGGU KITA!

Melayani generasi anak itu tidak mudah loh. Banyak yang harus diperhatikan ketika melayani generasi anak. Salah satunya, bagaimana cara kita memperlakukan anak. Karena itu, guru sekolah Minggu pun harus mengerti dengan yang namanya bahasa kasih.

Bahasa kasih adalah cara yang paling kita senangi untuk mengekspresikan perasaan kasih kita kepada orang lain, dan menjadi cara favorit kita untuk dikasihi. Anak-anak juga punya bahasa kasih loh. Wah, apa saja sih bahasa kasih itu dan bagaimana cara mempraktekkannya pada anak-anak?

Baca juga: 4 AYAT BUKTI BAHWA ALLAH TIDAK PERNAH TINGGALKANMU!

  1. Kata-kata

Kecenderungan anak ini sangat suka dipuji orang lain, memberikan kata semangat, dan bercerita. Jika di sekolah Minggu kakak ada anak seperti ini, kakak harus banyak memuji dan menyemangati dia, agar ia semakin merasa dikasihi oleh guru sekolah Minggu

  1. Waktu

Anak ini sangat senang menghabiskan waktu bersama orang yang mereka kasihi. Kakak pun bisa memberikan bentuk kasih melalui menyediakan waktu untuk menemaninya dalam hal-hal sepele, seperti menghafal ayat hafalan, menjawab pertanyaan CCA, bahkan berdiskusi soal firman Tuhan.

Sumber: Pexels
  1. Sentuhan

Rangkulan dan pelukan hangat menjadi hal yang paling diperlukan oleh orang dengan bahasa kasih ini ketika mereka sedang berada dalam keadaan terpuruk. Tapi, hati-hati ya kak, karena sentuhan sangat sensitif, usahakan kakak wanita memeluk dan merangkul yang wanita, begitupun pria.

  1. Hadiah

Tidak ada anak kecil yang tidak senang hadiah. Tapi, yang membedakan anak dengan bahasa kasih hadiah ini adalah ia akan berhati-hati dalam memilih hadiah untuk orang lain, bahkan sangat merawat hadiah orang lain.

Sumber: Pexels

Jika anak seperti ini ada di sekolah Minggu kakak, mulai berikan hadiah-hadiah kecil yang simpel, tapi berharga kak. Seperti gantungan kunci, anyaman, atau origami khusus. Ia pasti akan sangat menghargai itu.

  1. Tindakan

Anak ini sangat senang melakukan sesuatu kepada orang yang ia kasihi. Karena itu, anak dengan bahasa kasih tindakan tidak akan mempan diberikan banyak kata-kata motivasi. Cara terbaik adalah bantu mereka melakukan sesuatu ketika mereka sedang kesusahan kak.

Baca juga: PANDUAN RAMAH ANAK TENTANG VIRUS CORONA UNTUK KELUARGA DAN SEKOLAH MINGGU

Kenapa sih kita harus mengerti bahasa kasih? Ini akan mempermudah kita untuk mencari tahu cara mengasihi orang yang kita layani. Pastinya, dengan cara yang tepat, kasih Kristus yang ingin kita bagikan kepada sesama akan lebih mudah mereka rasakan loh.

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK