ARTICLE

Wed - Feb 12, 2020 / 992 / Parenting

Tips untuk Mendidik Anak Menjadi Pemimpin yang Baik

Siapa yang nggak bangga kalau anaknya sudah mampu memimpin di umur yang sangat muda? Bangga donk. Nah kepemimpinan itu kak sebenarnya bisa kok dilatih sejak dini dan ini sangat berharga bagi anak karena bisa menolongnya saat mereka dewasa nanti. Pasti kakak bingung deh, bagaimana cara mengajarkannya kepada anak yang bahkan belum masuk sekolah dasar?

Fiona McDonald, Kepala Bagian Dukungan Pembelajaran dan Pelatihan di Taman Kanak-kanak Chiltern House berbagi tips dengan kita.

Baca juga : PANDUAN RAMAH ANAK TENTANG VIRUS CORONA UNTUK KELUARGA DAN SEKOLAH MINGGU

1. Pemimpin yang baik adalah orang yang bisa berkomunikasi dengan baik.

Ini bukan berarti cuma ngomong terus ya, tapi anak juga harus bisa mendengarkan dan menyimak. Sediakan kesempatan bagi anak untuk saling berkomunikasi dengan kakak. Misalnya curhat tentang apa yang dia rasakan, cerita yang dia pernah dengar, dan berbagai macam hal yang anak ingin tahu.

 

2. Bangun kepercayaan yang positif

Kepemimpinan berarti mengadopsi pendekatan “Ya, aku bisa!”. Sediakan kesempatan bagi anak SuperPArents dan SuperTeacher untuk mencoba berbagai macam hal. Agar mereka bisa mengalami berbagai tingkatan tantangan dan menerima hasil dari upayanya.

Kakak bisa memberikan aktivitas yang merangsang anak untuk mengambil keputusan, memberikan tantangan (misalnya membuat menara dari plastisin dan sumpit), atau kesempatan untuk menjelajah dan menemukan sesuatu. Untuk itulah mengapa kegiatan permainan dengan firman itu penting di sekolah Minggu. Anak bisa belajar mengamalkan dan mengerti langsung firman Tuhan yang disampaikan, karena tidak hanya disampaikan lewat satu arah.

 

3. Mengembangkan pertahanan

Dalam menghadapi tantangan, anak harus dipersiapkan untuk menghadapi timbal balik yang mungkin bisa membuat mereka kecewa. Terbukalah untuk mencoba pendekatan lainnya dimana sebagai pemimpin dia harus mengembangkannya. Misalnya dengan mengajarkan bagaimana caranya memperbaiki kesalahan (dengan menyadari prosesnya juga), mengakui perasaan, menyemangati mereka untuk bertanya dan berikan pertanyaan balik untuk berpikir serta mengekspresikan idenya.

 Baca juga : INI NIH GAYA PARENTING YANG TREN DI TAHUN 2020

4. Bangun rasa bertanggung jawab

Berkomitmen terhadap sesuatu dan bertanggung jawab adalah karakter pemimpin yang berkualitas. Berikan anak hal sederhana untuk dilakukan misalnya membantu kakak di sekolah Minggu atau di rumah, membereskan mainan, memberi contoh yang baik kepada adik, dan lain-lain.

Mau nantinya dia menjadi pemimpin yang luar biasa, setidaknya melatih anak di area itu penting karena bisa membantu anak untuk memenuhi potensinya. Terkadang kita terlalu kuatir apa yang akan terjadi pada anak nantinya saat mereka dewasa, padahal mereka masih hidup hari ini. Jadi manfaatkanlah itu untuk mengajarkan hal-hal yang terbaik bagi dirinya.

Sumber : https://www.youngparents.com.sg/

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK