ARTICLE

Wed - Mar 03, 2021 / 505 / Inspirational

Ini Dia 8 Makanan Rekomendasi Alkitab yang Sehat dan Baik untuk Tubuh Kita

Tubuh kita adalah bait Allah, jadi kita pun harus menjaganya (1 Korintus 6:19). Jadi nggak heran kalau Alkitab sendiri sebenarnya telah memberikan pilihan makanan sehat yang bisa menjadi referensi makanan kita sehari-hari. Jika kamu dan keluarga ingin memiliki pola makan yang sehat, nah berikut ini ada 10 makanan yang direkomendasikan oleh Alkitab.

  1. Ikan (Imamat 11: 9)

Ikan adalah makanan pokok yang enak lho di zaman Tuhan Yesus. Setidaknya tujuh dari murid-Nya adalah nelayan. Masih ingat kan mukjizat Tuhan tentang lima roti dan dua ikan yang diberikan oleh seorang anak? Ikan sendiri kaya akan omega-3 yang menyehatkan. Omega-3 sendiri bagus untuk jantung dan otak kita.

 Baca juga : INGIN INVESTASI TAPI MASIH TAKUT DAN BINGUNG, SIMAK PENJELASANNYA DISINI YUK

  1. Madu (Ulangan 26: 9, Markus 1: 6)

Madu adalah makanan penting di dalam Alkitab. Ketika Allah mau memberikan bangsa Israel tanah perjanjian, tanah itu disebutkan berlimpah susu dan madunya.

Madu tidak hanya bergizi, tapi juga mengenyangkan. Yohanes Pembaptis saja memakan madu. Sifat antioksidan, anti jamur, dan anti bakteri membuatnya disebut sebagai ‘emas cair’. Madu juga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh , melembutkan kulit kering, dan bahkan membantu penyembuhan luka.

 

  1. Minyak zaitun (Ulangan 8: 8, Lukas 10:34)

Minyak zaitun berlimpah pada zaman Alkitab. Zaitun hijau menghasilkan buah dan minyak terbaik. Minyak zaitun adalah minyak yang paling mudah dicerna dan membantu mengurangi penuaan jaringan tubuh, organ, dan otak. Minyak zaitun juga melindungi tubuh dari risiko kanker, penyakit jantung, dan maag. Sifat antioksidan dan antiradang membuat minyak ini menjadi barang berharga di dapur.

 

  1. Biji-bijian dan roti (Yehezkiel 4: 9)

Dalam Alkitab, roti muncul beberapa kali sebagai bagian dari kehidupan. Yesus bahkan menyebbut diri-Nya sebagai “roti hidup”. Roti pada zaman Alkitab tidak menggunakan metode pemurnian modern, sehingga roti tetap bergizi apalagi disantap bersama dengan biji-bijian. Ini adalah makanan dasar di zaman Alkitab yang menyehatkan.

 Baca juga : PROSES FIRMAN TUHAN MENJADI ALKITAB DAN ALASAN KENAPA DITULIS OLEH MANUSIA

  1. Susu dan produk kambing (Amsal 27:27)

Susu kambing mentah dan keju berlimpah pada zaman Alkitab. Susu tersebut tidak dipasteurisasi seperti pada zaman kita sekarang. Susu kambing lebih mudah dicerna dibanding susu sapi. Susu kambing juga rendah laktosa dan mengandung banyak vitamin, enzim dan protein. Susu ini bisa membantu mengobati penyakit inflamasi karena punya protein lengkap dan juga bisa berguna untuk membuat sabun.

 

  1. Buah (1 Samuel 30: 11-12 dan Bilangan 13:23)

Di Alkitab, buah seperti ara, anggur, dan delima digunakan dalam membuat minuman, kue, atau dimakan sebagai buah segar. Delima memiliki antiinflamasi, antioksidan, dan anti tumor yang tinggi. Sarat juga dengan vitamin A, K, dan E. Buah ara selain segar, juga rendah kalori dan tinggi serat. Sedangkan anggur mengandung resveratrol , antioksidan yang dapat melindungi usus besar dan mengurangi risiko kanker prostat serta stroke.

 Baca juga : 10 AYAT ALKITAB YANG MENGGAMBARKAN BAGAIMANA SEHARUSNYA HIDUP DI MASA AKHIR ZAMAN

  1. Rempah-rempah (Keluaran 30:23, Bilangan 11: 5)

Dalam perjanjian lama dan baru, rempah-rempah digunakan sebagai makanan, obat-obatan, bahan parfum, dupa, dan diberikan sebagai hadiah kerajaan yang mahal. Jintan merupakan sumber mineral, seperti kalsium, kalium, seng, dan kaya akan vitamin B kompleks. Kayu manis merupakan bumbu dengan antioksidan tertinggi. Bumbu lain yang tertera di Alkitab juga ada ketumbar, kemenyan, mint, gaharu, dan mur.

 

  1. Kacang dan lentil / polong (2 Samuel 17:28 dan Kejadian 43:11)

Kacang atau lentil sering digunakan di Perjanjian Lama karena merupakan sumber protein yang baik. Seperti sup kacang merah yang disajikan oleh Yakub untuk saudaranya Esau. Kacang adalah camilan yang rendah kalori. Kacang pistachio mengandung antioksidan tinggi dan lutein. Sedangkan kacang almond yang beberapa kali disebutkan di Alkitab, kaya akan protein, serat, mangan, magnesium, kalsium, dan berbagai bahan yang diperlukan tubuh.

 Sumber : Crosswalk

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK