ARTICLE

Fri - Feb 26, 2021 / 631 / Inspirational

Ingin Investasi Tapi Masih Takut dan Bingung, Simak Penjelasannya Disini Yuk

Kalau kamu mempunyai uang lebih, apa yang akan kamu lakukan? Membelanjakannya, ditabung, atau diinvestasikan? Momin sendiri pernah mendengarkan pernyataan dari teman yang berkata, “Emang boleh orang Kristen investasi saham? Kan bukannya itu sama dengan judi? Judi itu kan dilarang.” Ehmm… Awalnya momin tentunya bingung mau menjawabnya seperti apa, karena tapi setelah belajar lebih lanjut, ternyata ada banyak hal nih yang perlu kalian ketahui kalau tertarik juga berinvestasi.

Kenapa sih anak muda harus investasi?

Momin sendiri agak cukup menyesal karena sebelum menikah tidak berani mulai investasi. Takutnya, setelah berani investasi, kenyataan yang terjadi malah tidak sesuai dengan harapan. Tapi setelah berumah tangga, barulah mulai merasa bahwa ini sangat penting. Jadi teringat firman Tuhan tentang talenta (Matius 25: 14-30).

Baca juga : 10 FILM DISNEY POPULER YANG MENGANDUNG PESAN ALKITABIAH DALAM CERITANYA (PART 2)

Talenta disini bisa diartikan tentang kemampuan yang Tuhan berikan ataupun berkat berupa penghasilan yang Tuhan percayakan. Tuhan kan sudah memberikan penghasilan yang cukup untuk kita dan bahkan ada yang berlebih, tidak ada salahnya kalau kita mengelola dan mengembangkannya sebijaksana mungkin. Jadi ketika suatu hari nanti kita membutuhkan dana lebih, kita sendiri sudah mempunyai hasil investasi yang bisa kita pakai.

Nah kalau kamu tertarik untuk berinvestasi tapi masih tergolong pemula, kamu bisa mencoba investasi:

  1. Reksadana

Investasi ini cocok bagi orang yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko investasi mereka. Nilai minimal yang bisa diikutsertakan juga cukup rendah, hanya Rp 100.000,-. Reksadana dapat berupa pasar uang, pendapatan tetap, hingga pasar saham.

  1. Emas

Jenis investasi ini banyak banget peminatnya dan tergolong paling mudah memulainya. Kamu bisa memiliki emas batangan, emas fisik, atau ecara value di platform online yang bergerak di bidang investasi emas.

  1. Properti

Memang modalnya cukup terbilang besar untuk investasi jenis ini. Namun keuntungan yang didapatkan juga akan besar dan dalam jangka waktu panjang. Nah yang perlu diperhatikan, kamu harus membeli properti di daerah yang memiliki potensi untuk berkembang.

  1. Saham

Nah akhir-akhir ini setelah pemerintah gencar-gencarnya mengajak masyarakat untuk berinvestasi saham, banyak anak muda yang mulai tertarik untuk ikut. Selain saldo awalnya bisa hanya Rp 100.000, saham juga memiliki beberapa kelebihan lainnya. Hasil untuk jangka panjang besar, bisa merasakan punya perusahaan, dan nantinya kita akan bisa menikmati hasilnya di hari tua.  

 Baca juga : 10 FILM DISNEY POPULER YANG MENGANDUNG PESAN ALKITABIAH DALAM CERITANYA (PART 1)

Arti saham yang mudah dimengerti

'Saham itu sama dengan membeli perusahaan,' ujar Ir.Juhono S. Sudirgo, CFP, QWP. Jadi menurutnya membeli saham itu berarti kita membeli sebagian perusahaan. Contoh mudahnya seperti ini. Di depan rumahnya ada warteg yang sangat ramai, karena pemiliknya ingin ekspansi maka pemilik warteg tersebut menawarkan kerja sama padanya. Maka ketika ada untung, pemilik warteg dan dia (yang diajak bekerja sama) akan mendapatkan keuntungan sesuai perjanjian. Dan sama halnya saat rugi.

'Jadi investasi saham berarti beli perusahaan, pilihlah perusahaan yang untung.', tambahnya.

Apakah kamu masih ragu memulai karena takut rugi, nah lebih baik pelajari seluk beluk lebih dalam tentang investasi saham dengan mengikuti Solusi Talks - #BeraniBergerak Memulai Investasi Saham Dengan Cara Mudah.

DAFTAR

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK