ARTICLE

Mon - Jan 04, 2021 / 282 / Parenting

Hal yang Sering Membuat Kita Sebagai Orang Tua Merasa Gagal dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Superparents merasa gagal menjadi orang tua? Mimin sendiri pernah merasakannya setelah melahirkan anak pertama. Mungkin tidak sedikit dari kita yang merasakannya. Dihantui perasaan bersalah, tidak mampu, dan lainnya. Faktanya hal itu wajar dirasakan oleh orang tua, terutama pasangan baru. Justru melalui perasaan itulah kita belajar untuk terus memberikan yang terbaik bagi keluarga dan anak-anak kita.

Agar Superparents tidak terpuruk terus dengan perasaan telah gagal menjadi orang tua, yuk kenali hal-hal apa saja yang biasanya menjadi penyebabnya.

Baca juga : MEMASUKI TAHUN BARU, YUK AJARKAN ANAK DUA CARA BERSYUKUR INI!

  1. Merasa tidak bisa melindungi anak

Misalnya anak terjatuh saat kita lengah, anak terluka, keguguran, dan banyak hal lainnya.

  1. Sulit mengontrol emosi

Saat Superparents sedang sibuk, kadang anak yang butuh perhatian kita justru malah menjadi tempat luapan emosi kita. Padahal mereka belum mengerti kondisi orang tuanya.

  1. Tidak bisa memberikan yang terbaik untuk anak

Rasa bersalah muncul saat anak menginginkan sesuatu tapi kita belum bisa memberikannya kepada mereka. Atau kita sebagai orang tua tidak mengerti apa yang terbaik untuk anak dan lebih mengatur serta membentuk mereka sesuai dengan yang kita inginkan. Sayangnya anak justru tidak bahagia dan terpuruk.

  1. Anak lebih dekat dengan orang lain

Hal ini biasanya lebih dirasakan oleh Superparents yang bekerja. Saat bekerja, otomatis anak akan diasuh oleh orang lain dan bisa membuat mereka memiliki kedekatan yang lebih erat dibanding kita sebagai orang tuanya.

  1. Penilaian orang lain tentang cara asuh kita

Kita tidak bisa membandingkan cara asuh orang lain dengan cara asuh kita. Hal yang paling menyakitkan adalah ketika orang lain menilai cara asuh kita buruk dan tidak seharusnya dilakukan.

Baca juga : LANGKAH-LANGKAH YANG WAJIB DIAJARKARKAN KE ANAK AGAR MEREKA BISA MEMBUAT KEPUTUSAN!

Lalu apa yang harus dilakukan jika perasaan “gagal” itu muncul?

Hal yang sangat penting dilakukan Superparents pertama kalinya adalah mengevaluasi diri. Alih-alih terjebak dalam emosi negatif, sebaiknya kita mengevaluasi cara kita melihat situasi ini. Kemudian ingatlah beberapa hal ini :

  • Menjadi orang tua berarti siap belajar seumur hidup
  • Tidak selamanya kita menjadi pelindung anak karena mereka juga harus belajar menghadapi kesulitan dan tantangan.
  • Tidak ada orang tua yang sempuna
  • Kita tahu cara terbaik untuk mengasuh anak-anak kita sendiri karena kita mengenal mereka.
  • Anda tidak sendiri. Ada Tuhan dan pasangan yang bersedia membantu dalam mendidik dan mengajarkan anak.
  • Kita adalah sumber kebahagiaan anak. “Harta yang paling berharga adalah keluarga”. Ini merupakan penggalan sebuah lirik lagu yang terus terngiang saat mimin menghadapi masa sulit di dalam keluarga. Jadilah Superparents yang bisa menghadirkan kebahagiaan anak lewat waktu, kebersamaan, bantuan, bimbingan, dll.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK