ARTICLE

Tue - Dec 15, 2020 / 253 / Parenting

Langkah-langkah yang Wajib Diajarkarkan ke Anak Agar Mereka Bisa Membuat Keputusan!

Bangga banget punya anak yang sudah mulai bisa menentukan keputusan besarnya sendiri. Bahkan mereka juga bisa mejadi problem solver (pemecah masalah) untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Kita sebagai Superparents pasti pengen donk anaknya bisa seperti itu. Ternyata cara mengajarkannya tidak terlalu sulit lho. Tinggal bagaimana praktik dan harus terus diingatkan kepada anak.

Yang perlu Superparents ketahui sebelum mengajarkan anak untuk menentukan keputusan atau pilihannya adalah dengan mengklasifikasikan pilihan tersebut. Secara garis besar, pilihan itu bisa dibagi menjadi 2, pilihan kecil dan besar. Pilihan kecil adalah pilihan yang mereka bisa ambil dan berhubungan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Misalnya memilih untuk memakai baju apa, makan apa, mau kemana, belanja apa, dan lainnya.

Baca juga : 3 TIPS MENDIDIK ANAK AGAR BISA MENGAMALKAN KASIH KRISTUS DALAM HIDUPNYA

Sedangkan pilihan besar adalah pilihan yang melibatkan banyak orang atau bisa berdampak pada masa depan anak tersebut. Misalnya memilih sekolah/ kampus, memilih jurusan, jodoh, dan lainnya. Setelah mengetahui jenisnya, ajak anak untuk mengingat langkah-langkah berikut ini:

 

Pause (berhenti sejenak)

Amsal 19: 2, “Tanpa pengetahuan kerajinanpun tidak baik; orang yang tergesa-gesa akan salah langkah. “

Hindari membuat keputusan terlalu cepat atau buru-buru. Dapatkan dulu semua fakta dan pemahamannya dari berbagai sisi. Coba pikirkan konsekuensi dan segala kemungkinan yang akan terjadi kalau kita memilih A atau B.

 

Read (baca Alkitab)

Mazmur 119: 105, “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.”

Saat anak sedang bingung untuk menentukan pilihan atau mau membuat keputusan, libatkan Tuhan melalui firman-Nya. Apa yang Tuhan katakan melalui firman-Nya untuk meneguhkan keputusan mereka atau Dia bisa mengarahkan anak untuk memilih suatu hal.

Baca juga : CARA MENGAJARKAN ANAK UNTUK BISA MEMBEDAKAN IMAN DAN NEKAT 

Ask (bertanya)

Amsal 15: 22, “Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.”

Kalau bingung ya anak harus bertanya pendapat dari orang-orang yang berkompeten. Misalnya orang tua, pendeta, teman, dan siapapun yang berKOMPETEN. Siapa tahu Tuhan memakai orang lain untuk membantu permasalahan si anak.

 

Yield (berserah)

Lukas 22: 42b, “tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.”

Kehendak Tuhan atau rencana-Nya itulah yang terbaik untuk kita. Jadi ajarkan anak untuk menyerahkan segala masalah, kekuatiran, pergumulan, dan semua keputusannya kepada Tuhan. Jangan biarkan mereka memaksakan kehendaknya sendiri yang didasarkan pada keinginan hatinya karena pasti hasilnya tidak akan maksimal dan bukanlah yang terbaik.

 

Gabung semuanya menjadi = PRAY

1 Tesalonika 5:17, “Tetaplah berdoa.”

Berdoa adalah langkah yang menyertai semua langkah sebelumnya. Jadi sebelum anak mau membuat keputusan atau menetapkan pilihan inget akronim ini PRAY dan intinya, yaitu doa.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK