ARTICLE

Mon - Sep 09, 2019 / 385 / Sunday School

Gimana Sih Caranya Jadi Guru Sekolah Minggu Keren? 5 Hal Ini Harus Kamu Pelajari Sekarang!

Proses memuridkan generasi anak adalah hal yang penting untuk dilakukan semua gereja. Karena, generasi anak adalah generasi yang akan melanjutkan gereja dan bangsa. Untuk itu, sekolah Minggu punya peran yang besar. Salah satunya, peran guru sekolah Minggu.

Guru sekolah Minggu menjadi pintu gerbang utama bagi anak untuk bisa kenal Tuhan loh. Nah, kalo kakak punya kerinduan untuk menjadi guru sekolah Minggu, yuk kakak coba upgrade diri kaka dengan beberapa hal yang harus dimiliki oleh guru sekolah Minggu.

Baca juga: BARU LULUS? 3 HAL INI BANTU KAMU SUPAYA DAPAT KERJA!

  1. Memiliki pengertian Alkitab yang benar

Gak cuman di sekolah Minggu, ini juga harus dimiliki di setiap pelayanan di gereja. Guru sekolah Minggu harus tahu tentang Alkitab dengan benar. Jika tidak, guru sekolah Minggu malah membuat anak menjadi semakin tidak mengerti Alkitab. Tentu, jika anak tidak mengerti Alkitab, mereka juga sulit untuk melakukan kebenaran Firman Tuhan. Jadi, pastiin kakak mengerti Alkitab ya kak agar bisa memuridkan dengan maksimal kak.

  1. Bisa dicontoh

Nah, bukan hanya paham teori saja (Mengerti Alkitab), kakak juga harus bisa menghidupi nilai di Alkitab. Kakak tahu tidak, penginjilan yang paling muktahir adalah penginjilan dengan action. Karena tindakan selalu lebih powerful dibanding kata-kata. Dengan pengertian yang benar tentang Alkitab, ditambah tindakan yang sesuai dengan Firman, pemuridan pasti akan berjalan maksimal.

Sumber: Yayasan Somatua

Contoh, jika kakak baru saja mengajari anak untuk jangan menghina orang lain, tetapi ketika selesai ibadah, anak-anak melihat kakak menghina rekan sepelayanan kakak. Pasti itu tidak akan menjadi berkat buat mereka kak. Jadi, hati-hati dalam melakukan segala sesuatu kak. Pastikan hidup kakak jadi sumber pemuridan anak yang maksimal.

  1. Setia pada proses

Ini adalah salah satu nilai penting yang suka dilupakan orang dalam pelayanan. Apalagi di sekolah Minggu, banyak sekali hal yang bisa membuat kita capek. Contoh, kakak merasa capek ketika memberitakan Firman, anak-anak tidak mendengarkan, atau mereka bermain bersama temannya. Setia saja memberitakan Firman kak. Jangan lupa kak, banyak belajar juga dari setiap proses yang kakak lewati ya.

  1. Kreatif

Ini salah satu nilai plus yang akan menguntungkan kakak sebagai guru sekolah Minggu. Dengan kreatifitas, kakak bisa membuat pengajaran Firman kakak menjadi lebih menarik untuk anak. Kakak bisa mengajar dengan menggunakan beberapa cara, seperti bercerita, menggunakan boneka, atau kakak bisa menggunakan cerita bergambar. Intinya, kreatifitas kakak akan sangat membantu proses anak menangkap kebenaran Firman Tuhan.

Sumber: GKI Pondok Indah
  1. Bisa bekerjasama dengan semua orang

Nah, ini hal yang sering dianggap tidak penting, tapi ini punya dampak besar. Sebagai guru, bukan hanya harus bisa menyampaikan Firman, tapi harus bisa bekerjasama dengan semua orang, mulai dari pelayan sekolah Minggu, sesama GSM, anak, bahkan orang tua anak. Contohnya, kakak harus punya hubungan dengan orang tua anak agar kakak bisa

Baca juga: BINGUNG CARI CERITA YANG SERU? INI DIA 3 CERITA ALKITAB SERU BUAT ANAK SEKOLAH MINGGU

Wah, ternyata tidak mudah ya menjadi guru sekolah Minggu. Tapi, percayalah, ketika kakak berhasil menghidupi semua nilai yang ada, kakak akan menjadi GSM yang punya kualitas terbaik. Jadi, ayo semangat belajar kak!

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK