ARTICLE

Thu - Dec 10, 2020 / 403 / Inspirational

Fakta-fakta Menarik Tentang Natal yang Harus Kamu Ketahui! Part 2

Kemarin kita sudah melihat enam fakta Natal yang mungkin belum kamu ketahui di artikel Fakta-fakta Menarik Tentang Natal yang Harus Kamu Ketahui! Part 1. Sekarang kita akan melanjutkan ke fakta-fakta berikutnya yang lebih menarik. Dan sebelumnya, Superbook mau mengucapkan selamat Hari Natal ya untuk semua pembaca setia Superbook.

  1. Dekorasi pohon Natal

Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar bahwa Marthin Luther adalah orang yang pertama kali melakukan dekorasi terhadap sebuah pohon yang dijadikan pohon Natal. Kisah ini mengatakan bahwa ia tergugah dengan indahnya cahaya bintang, diantara cabang-cabang pohon cemara. Ternyata, kenyataannya cerita ini tidaklah benar. Pohon Natal pertama kali diasosiasikan oleh St. Boniface di abad ke-7. Ia menebang sebuah pohon untuk membuktikan ke penduduk lokal bahwa dewa Norwegia itu tidak nyata. Di abad ke-15, orang-orang memang menebang pohon dan meletakkannya di rumah mereka dengan berbagai hiasan mengitari pohon tersebut. Pada saat Marthin Luther datang, tradisi tersebut memang sudah ada, tapi mungkin dialah yang mempopulerkan tradisi ini untuk dikenal dunia.

 Baca juga : 3 HAL YANG HARUS GEREJA LAKUKAN AGAR ORANG TUA MAU MENGEMBANGKAN KEROHANIAN ANAK

  1. Surat ke Santa

Setiap tahunnya, ada ratusan ribu surat dari anak-anak di seluruh belahan dunia dikirimkan ke kutub utara tepatnya di Alaska. Lalu, apakah anak-anak tersebut mendapat balasan? Mungkin. Karena 1600 penduduk lokal berperan menjadi Santa Clause dan berusaha membalas setiap surat yang memiliki alamat untuk dikirim balik.

 

  1. Lagu Natal

Setiap Natal, kita pasti tidak asing dengan berbagai lagu perayaan untuk hari Natal. Lagu yang paling sering kita dengar adalah Jingle Bells. Nah apakah Anda yakin bahwa lagu itu adalah lagu Natal? Anda mungkin tidak tahu kalau Jingle Bells bukanlah lagu Natal seperti yang selama ini kita pikirkan. Bahkan judul asli lagu tersebut adalah One Horse Open Sleigh yang ditulis untuk perayaan Thanksgiving. Namun entah mengapa, seiring berjalannya waktu, lagu ini menjadi lagu Natal yang sangat terkenal di seluruh dunia.

 Baca juga : SELFIE SAAT BERIBADAH, DIPERBOLEHKAN ATAU TIDAK YA?

  1. Warna Natal

Seperti yang kita ketahui, Natal selalu identik dengan tiga warna yang mewarnainya. Warna tersebut adalah hijau, merah, dan emas. Tapi apakah ketiga warna ini hanya kebetulan belaka atau terdapat alasan dibalik itu? Jadi ketiga warna ini memiliki arti khusus lho! Hijau diwakili oleh pohon Natal melambangkan kehidupan dan kelahiran kembali. Juga di beberapa negara Kristen, seperti Yunani dan Rumania, hijau melambangkan kebangkitan Kristus. Sementara itu, merah mewakili darah Yesus serta buah yang dimakan Hawa sebelum ia dan Adam dikeluarkan dari taman Eden. Emas melambangkan terang, cahaya spiritual bahwa Yesus membawa berkat kelahiran dan kebangkitan-Nya.

 

  1. Santa Clause (Sinterklas)

Hari Natal juga memiliki ciri khas, yaitu Santa Clause. Karakter ini muncul berdasarkan kisah Santo Nicholas yang mencintai anak-anak dan senang memberikan hadiah kepada mereka secara sembunyi-sembunyi

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK