ARTICLE

Thu - Jul 29, 2021 / 355 / Parenting

Cara Ampuh Mengajak Anak untuk Menjadi Berkat Bagi Temannya

Bagi orang tua, rasanya senang sekali ya jika anak bisa jadi berkat untuk keluarga bahkan teman-temannya. Banyak sekali kesaksian yang diterima Superbook dimana orang tua bersyukur atas perubahan karakter anak setelah mereka mengenal Kristus lebih dalam.

Apakah SuperParents sendiri ingin anaknya punya karakter yang menjadi berkat bagi orang lain? Karena dengan melatih anak untuk menjadi berkat, berarti SuperParents juga melatih mereka untuk bertumbuh dalam karakter Tuhan Yesus. Keren banget kan?

Mending Superparents sedari dini ajarkan anak tiga hal berikut ini :

Baca juga : 3 TOKOH INSPIRATIF DI INDONESIA YANG BISA MENGAJARKAN ANAK TENTANG KASIH DAN BERBAGI

  1. Ajarkan dan teladani mereka tentang “belas kasihan”.

Saat anak-anak mudah bagi kita untuk mengajarinya tentang peka dengan keadaan orang lain, mempunyai belas kasihan, dan bereaksi atau melakukan sesuatu tanpa takut. Kita dapat membantu anak untuk belajar hal-hal tersebut dengan memberikan contoh, melatih dan mengajarkan mereka apa yang harus mereka lakukan agar dapat memberkati orang lain. Hal yang paling mudah bisa dengan mengucapkan salam, terima kasih, atau maaf. 

 

  1. Atur kegiatan rutin untuk ke “panti jompo”.

Lebih mudah bagi anak untuk memahami apa yang dialami anak di panti asuhan karena mereka sama-sama anak. Sedangkan bagaimana kalau mereka ke panti jompo. Mereka bisa belajar bagaimana peduli dengan orang-orang tua yang sudah tidak bersama dengan keluarga mereka lagi, kehidupan setelah dewasa, dan bagaimana mereka bisa menghibur orang yang lebih dewasa.

Saat berkunjung, SuperParents bisa mengajar anak untuk berbicara dengan para manula, menghibur mereka (bernyanyi bersama, drama, menceritakan firman Tuhan), dan bagaimana mereka bisa menguatkan para manula. Sebelum pulang, anak bisa memberikan buah tangan yang dapat menghibur mereka dikala para manula sedang sendirian.

 Baca juga : SEBERAPA PENTING BAKAT DAN TALENTA ANAK DI MATA TUHAN?

  1. Mendonasikan “barang kesayangan” anak yang sudah tidak terpakai.

Inilah yang mungkin jadi hal tersulit bagi anak. Memberikan apa yang mereka sukai walaupun sudah tidak terpakai lagi pada orang lain. Anak-anak dapat berlajar bahwa harta bukanlah segalanya di dunia ini. Justru kasih yang Tuhan Yesus mau mereka lakukan selama mereka hidup di dunia.

 

  1. Berbagi dengan teman-teman yang kurang mampu

CBN kali ini punya program baru untuk anak-anak di seluruh Indonesia, yaitu #LoveInAction Perlengkapan Sekolah Baru untuk Anak-anak di NTT. Program ini mengajak anak untuk mau membantu teman-temannya di NTT hanya dengan menabung Rp 150.000,-. Superparents bisa mengajak mereka menjadi berkat dan berdampak dengan mengikuti acara ini lho!

Untuk informasi lebih lanjut, Superparents bisa klik di bawah ini :

Saya Mau

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK