ARTICLE

Tue - Jul 27, 2021 / 1687 / Parenting

3 Tokoh Inspiratif di Indonesia yang Bisa Mengajarkan Anak Tentang Kasih dan Berbagi

Percayakah kakak bahwa orang yang suka memberi adalah orang kaya? Maksudnya disini bukan bicara tentang kekayaan materi, tetapi tentang kekayaan hati yang mau memberi. Banyak orang bisa memberi, tapi memberi yang didasari oleh kasih adalah sesuatu yang berbeda.

Bagi Momin, memberi memiliki dua arti. MEMBERI yang berarti MENGASIHI (Yoh 15:13) dan MEMBERI yang berarti orang BERBAHAGIA (Kisah Rasul 20:35b). Yesus sendiri juga mengatakan, “Berilah maka kamu akan diberi.” Being rich is not about how much you have, but how much you give.

Ketika kita memberi, berarti kita mengorbankan sesuatu milik kita yang paling berharga demi orang lain, disanalah makna sesungguhnya dari memberi. Berikut ini tokoh-tokoh inspiratif Indonesia yang bisa menjadi panutan anak untuk belajar memberi sekaligus mengasihi orang lain :

Baca juga : SEBERAPA PENTING BAKAT DAN TALENTA ANAK DI MATA TUHAN?

  1. Pilot Budi Soehardi

Pilot Senior terbaik dari salah satu maskapai terbaik di dunia ini meninggalkan kehidupan yang luxurious di Singapura dan memilih tinggal di Penfui Timur, Kupang. Dengan mengandalkan gajinya, dia membangun sekolah gratis dan menanggung kebutuhan materi  jasmani maupun rohani 50 anak terlantar. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kupang dengan membangun lahan pertanian yang berhektar-hektar luasnya.

 

  1. Dr. Lie Dharmawan Ph.D

Dari dananya sendiri ia membuat kapal atau rumah sakit apung (floating hospital) pertama di Indonesia. Dr. Lie Dharmawan lahir dari keluarga miskin. Dengan segala upaya dia berusaha mewujudkan cita-citanya untuk menjadi seorang dokter demi menggenapi visinya, yaitu memberi hidupnya bagi kaum papa. Dr. Lie Dharmawan mengunjungi pulau-pulau kecil di Nusantara, mengobati ribuan warga miskin yang tak memiliki akses pada pelayanan medis. Semua pengobatan diberikan kepada masyarakat secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya sepeser pun!

 Baca juga : 3 HAL PENTING YANG BISA KITA PELAJARI DARI FILM THE BOSS BABY: FAMILY IN BUSINESS

  1. Thomas Selan

Menjadi bapa bagi kaum termarginal, khususnya mereka yang punya gangguan mental (orang gila). Setiap hari, dia berjalan kaki  di tengah kebisingan kota, menerobos terik panas dan hujan, menyusuri sungai, trotoar, kolong jembatan, gedung-gedung kosong di ibu kota, demi mencari dan membawa pulang mereka yang terbuang dan sekarat di jalanan. Dari gajinya sebagai seorang Satpam, Thomas telah menampung orang dengan gangguan mental yang tinggal se-rumah dengan istri dan anak-anaknya selama bertahun-tahun. 12 orang dari 32 orang gangguan mental yang ia rawat, sembuh dan bekerja dengan baik.

Anak-anak juga bisa belajar memberi dan mengasihi orang lain seperti tokoh-tokoh di atas. Caranya mudah Superparents! Superparents bisa memulainya dengan mengajarkan mereka menabung sedikit demi sedikit, kemudian menyumbangkannya untuk teman-teman mereka yang membutuhkan. Misalnya dengan ikut menyediakan perlengkapan sekolah baru bagi teman-temannya di NTT.

Informasi lebih lanjut, klik di bawah ini :

SAYA MAU!

Sumber : jawaban.com

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK