ARTICLE

Fri - Oct 26, 2018 / 8859 / Inspirational

Apa Saja sih Hoax yang Tercatat di Alkitab?

Bahayanya Hoax dalam masyarakat pernah dirasakan oleh George Stinney  yang baru berusia 14 tahun, ketika ia divonis hukuman mati. Ia dianggap terbukti bersalah atas pembunuhan 2 gadis, berumur 7 dan 11 tahun. Tapi setelah 70 tahun berlalu, dan George menjadi orang termuda yang dieksekusi mati pada abad ke-20 di Amerika Serikat, ia terbukti tidak bersalah.

Hoax dapat diartikan sebagai informasi yang tidak benar,tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Bisa dikatakan sebagai berita bohong atau palsu. Tentu saja hoax ini merugikan banget lho! Seperti kisah Stinney yang akhirnya harus meregang nyawa karena dipaksa untuk mengakui ‘hoax’ yang beredar di masyarakat dan karena adanya faktor ‘perbedaan warna kulit’.

Baca juga: 10 AYAT ALKITAB YANG HARUS DIBACA SAAT KAMU MERASA PUTUS ASA

Nah tahukah kamu, kalau di Alkitab pernah ada kabar-kabar hoax lho yang dicatat! Yuk lihat di bawah ini:

1. Istri Potifar (Kejadian 39: 1-23)

Nah kalau yang ini hoaxnya berupa fitnah yang berujung dipenjaranya Yusuf. Istri Potifar awalnya sangat tertarik dengan Yusuf, tapi berulang kali godaannya ditolak. Suatu ketika, saat Istri Potifar menggoda, Yusuf lari dan meninggalkan bajunya bersama Istri Potifar. Karena kesal, dibuatnyalah fitnah terhadap Yusuf bahwa ia telah diperkosa. Tentunya Potifar dan para pegawainya lebih percaya tuh sama Istri Potifar.

 

Sumber: Universal.org

 

2. Orang Amalek (2 Samuel 1: 1-16)

Seorang anak muda dari Amalek datang kepada Daud untuk membawa kabar kematian Saul dan Yonatan. Ternyata apa yang dikatakannya bertolak belakang pada kejadian yang sebenarnya. Saul sebenarnya bunuh diri bukan dibunuh oleh pemuda Amalek ini. Tapi orang Amalek ini sengaja berbohong karena ia pikir bisa mendapatkan penghargaan dari Daud.

Ia berpikir Saul adalah musuh Daud, sehingga jika ia membunuhnya, ia berjasa karena telah membantu Daud untuk membunuh musuhnya. Tapi ia salah. Daud sangat menghormati Saul karena pernah diurapi oleh Tuhan, dan baginya kabar ini adalah dukacita. Akhirnya orang Amalek ini dihukum mati.

 Baca juga: CARA MENGHADAPI MASALAH YANG MUDAH DAN AMPUH

3. Gehazi (2 Raja-raja 5: 1-27)

Siapa yang belum kenal Gehazi? Gehazi adalah hamba Nabi Elisa. Jadi kisahnya saat itu ada panglima Raja Aram, namanya Naaman yang sedang sakit kusta. Pelayan dari isterinya, seorang anak perempuan dari Israel menganjurkan agar Naaman pergi ke Elisa dan meminta pertolongan Tuhan.

Setelah Naaman menuruti perintah Elisa untuk mandi tujuh kali di sungai Yordan, ia sembuh. Naaman kemudian mendesak Elisa untuk menerima hadiah pemberiannya tapi ia menolak, karena kesembuhan itu datang dari Tuhan.

Gehazi melihat penolakan Elisa sebagai sesuatu yang tidak tepat. Ia menyusul Naaman lalu berkata bahwa ada 2 nabi muda datang ke Elisa. Elisa menyuruhnya untuk meminta 3.000 uang perak dan dua setel pakaian untuk nabi tersebut. Naaman memberikan lebih dari permintaan Gehazi. Dan ternyata, Gehazi meminta hadiah tersebut untuk dirinya sendiri. Elisa yang tahu kebohongan Gehazi akhirnya marah. Penyakit kusta Naamanpun berpindah ke Gehazi.

 Baca juga: JANGAN DEPRESI! LAKUKAN 3 CARA INI KALAU KAMU BELUM MENDAPATKAN PASANGAN HIDUP

Dari kisah ketiga orang ini, sebenarnya masih banyak contoh hoax lainnya yang pernah tercatat di Alkitab. Seperti para imam dan ahli Taurat yang memutar balikkan fakta bahwa Yesus itu Mesias, orang-orang yang menjelek-jelekan ajaran Injil Paulus dan Yohanes, dan masih banyak lagi. Coba kalau kamu menemukan kisah yang mana?

 dari berbagai sumber

Contasia Christie

Content writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK