ARTICLE

Wed - Oct 24, 2018 / 575 / Inspirational

Cara Menghadapi Masalah yang Mudah dan Ampuh

Melewati masa sulit pasti dialami oleh setiap orang, salah satunya orang Kristen. Mendapat masalah dan pergumulan itu rasanya seperti seluruh dunia menghimpit, menekan, serta menghajar kita. Kita sendiri kadang tidak tahu bagaimana caranya keluar dari masalah tersebut. Akhirnya kalau terlalu lama tidak tertangani, membuat kita jadi depresi.

Tapi sebagai umat percaya, harusnya kita tidak berkubang dalam kekhawatiran dan keputusasaan ya. Kenapa? Ya karena kita bisa mengikuti cara-cara ini agar terbebas dari masalah dan pergumulan:

 

Kembali ke Firman-Nya

Waduh bahasanya berat ya. Namun jangan lupakan ayat ini, “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.” (Filipi 4: 19). Ini baru satu dari janji-janji Tuhan yang bisa kamu temukan di Alkitab. Masih banyak janji-Nya untuk membantumu. Inilah yang menjadikan Alkitab sebagai tempat yang terbaik saat kita menghadapi masalah tersulit dan paling menakutkan dalam hidup kita.

 Baca juga: LAKUKAN TIPS PACARAN ALA KRISTEN INI YUK, AGAR HUBUNGANMU AWET SAMPAI AKHIR HAYAT

Katakan kepada Tuhan, apa masalahmu

Saat kita punya pergumulan, hal pertama yang biasanya kita lakukan mungkin mengambil smartphone kita lalu menghubungi seseorang untuk curhat atau bahkan menuliskan status sebagai tanda “curhat” kita di medsos.

Namun sebelum melakukan hal itu, coba kita bertanya pada diri kita sendiri, “Apakah orang ini dapat benar-benar membantu saya, ataukah hanya sebagai tempat pelampiasan saja?”. Kalau jawabannya tidak, dan kalau memang ya juga, kita harus ingat bahwa hal pertama yang seharusnya dilakukan adalah mencurahkan semuanya kepada Tuhan. Curhatlah pada-Nya ya.

Sumber: Photo by Diana Simumpande on Unsplash

Dalam Alkitab tertulis, “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” (Filipi 4: 6)

“Dengan kuasa Allah yang giat bekerja di dalam diri kita, Allah dapat melakukan jauh lebih banyak daripada apa yang dapat kita minta atau pikirkan. Hendaknya Allah dimuliakan turun-temurun di dalam jemaat, melalui Kristus Yesus. Terpujilah Allah selama-lamanya! Amin.” (Efesus 3: 20-21 – BIS)

 Baca juga : JANGAN DEPRESI! LAKUKAN 3 CARA INI KALAU KAMU BELUM MENDAPATKAN PASANGAN HIDUP

Berfokuslah pada Tuhan, bukan pada masalahmu

Apa yang menjadi fokus kamu, itulah yang akan semakin membesar. Saat kita terus berfokus pada masalah, ia akan semakin lama semakin membesar dan tidak terselesaikan dengan baik. Berbeda halnya ketika saat dalam masalah dan pergumulan, kita lebih berfokus kepada Tuhan. Ia akan memberikan kita hikmat untuk menghadapinya dan membantu mengangkat beban kita. Yuk kita kembali pada Tuhan dan dengarkan firman-Nya untuk penyelesaian masalah kita (Roma 10:17).

Sambil menghadapi dan menyelesaikan masalah, jangan lupa juga ya Matius 11: 28-30 yang berbunyi demikian, “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang  itu enak dan beban-Kupun ringan.

 Baca juga: TERNYATA GEREJA BESI BERWARNA MERAH INI ADA DI INDONESIA LHO! CARI TAHU YUK

Ingat yaa, jika kamu mempunyai masalah, datanglah kepada Tuhan terlebih dahulu. Ia selalu ada bagimu, ketuklah pintu-Nya dan bukalah hatimu, biarkan Tuhan membangun hubungan denganmu. Jika ada beban berat yang ingin kami bantu doakan, jangan sungkan ya. Bisa langsung hubungi 1-500-224. Atau jika kamu terberkati dengan artikel ini, jadilah berkat kepada orang lain dengan menghubungi  0815-8558-5700.

Contasia Christie

Content writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK