ARTICLE

Fri - May 07, 2021 / 1845 / Sunday School

8 Cara Efektif Mengatasi Anak Sekolah Minggu yang Ngeyel dan Keras Kepala

Bingung bener deh kalau ada anak di sekolah minggu yang ngeyel dan keras kepala. Mereka biasanya jadi sulit diatur dan menuruti apa yang kita minta. Bilang ke orang tuanya, eh ternyata mereka juga bingung mengatasi anak seperti ini. Anak ini kadang bisa membuat kita frustasi karena mendidik dia membutuhkan banyak waktu, ekstra energi, dan disiplin melebihi anak lainnya.

Kabar baiknya, Tuhan telah memberi anak itu kepada kita untuk dibimbing karena Ia tahu persis kemampuan kita. Tuhan ingin kita bergantung pada-Nya dan meminta hikmat-Nya untuk menghadapi anak ini. Pertama-tama, kita perlu mengetahui latar belakang anak sehingga bisa menjadi keras kepada atau ngeyel.

Baca juga : 6 KEMAMPUAN ANAK YANG BISA MENGINGATKAN DAN MENGINSPIRASI ORANG DEWASA

Kenali Penyebabnya

Ada banyak perkembangan yang anak lalui di usia 6-12 tahun termasuk perkembangan kognitif, perkembangan sosial anak, perkembangan fisik anak, hingga perkembangan emosi anak. Anak yang keras kepala entah laki-laki atau perempuan cenderung lebih sensitif dan sulit dibujuk oleh orang-orang disekitarnya. Ini karena mereka ingin kemauannya agar segera dipenuhi. Mereka harus belajar tentang batasan-batasan perilaku mana yang bisa diterima dan yang tidak.

Anak keras kepala juga biasanya suka mencari perhatian dari orang lain. Kondisi ini mirip dengan anak tantrum, tapi kalau anak keras kepala lebih sering membuat ulah demi mendapatkan perhatian. Sayangnya kalau kebiasaan ini dibiarkan terus, akan mempengaruhi karakter dan sikap anak saat dewasa nanti.

Cara mendidiknya

  1. Dengarkan pendapat dan kemauan anak

Komunikasi adalah kunci! Komunikasi disini harus dilakukan dua arah lho kak. Kita harus mendengarkan pendapatnya terlebih dulu, tanpa melakukan perlawanan sebelum melarangnya. Karena anak keras kepala cenderung suka berdebat dan punya pendapat yang kuat. Anak akan semakin keras ketika kita tidak mendengarkan pendapatnya.

 

  1. Tidak memaksa

Saat kita memaksa, anak biasanya akan memberontak. Cobalah berikan perhatian kepada apa yang ingin mereka lakukan, maka anak akan memberikan respon tertentu dan merasa nyaman. Dengan cara ini, diharapkan hubungan kita dengannya membaik dan membantu kakak untuk mendidik anak menjadi lebih penurut.

 Baca juga : TIPS MENGUATKAN PELAYANAN ANAK ATAU SEKOLAH MINGGU DI GEREJA

  1. Memberikan pilihan

Pada dasarnya setiap anak punya pilihan sendiri dan tidak suka diatur orang lain. Nah untuk anak yang keras kepala, kakak bisa berikan pilihan kepada mereka yang bisa ditukar dengan hal tertentu. Misalnya anak manjat-manjat di kelas, kakak bisa memberikan pilihan kepadanya untuk membacakan kisah Alkitab kepada temannya, atau membantu kakak dalam menyiapkan permainan.

 

  1. Hadapi dengan tenang

Kunci utama menghadapinya adalah tenang dan sabar. Jika kita marah dan membentak, justru situasi akan bertambah buruk.

 

  1. Biarkan anak belajar dari pengalaman

Kakak bisa memberikannya sedikit kebebasan, tujuannya agar mereka bisa memahami apa yang ingin kakak sampaikan melalui pengalamannya. Cara ini bisa memberikan pendidikan yang penting agar mereka tidak melakukan hal yang sama. Misalkan kakak sudah beritahu untuk jangan berlarian di kelas. Tapi karena anak keras kepala, akhirnya ia terjatuh. Anak merasakan akibatnya dan mungkin ia tidak akan mengulanginya lagi.

 

  1. Ajak bekerja sama

Daripada kita menyuruh anak, lebih baik libatkan mereka untuk membantu kita kak.

 Baca juga : CARA MENJADI GURU SEKOLAH MINGGU YANG TEGAS TAPI TETAP MENYENANGKAN

  1. Memahami cara berpikir anak

Coba pahami dari sudut pandang anak. Apa yang mereka rasakan? Stres, takut, sedih, dll. Semakin banyak kita mengenal anak, maka semakin mudah kita menghadapinya.

 

  1. Ajarkan anak berperilaku baik

Berikan pujian-pujian saat si kecil berhasil menyelesaikan perintah kakak dengan baik. Selain itu, kakak juga bisa memberikannya hadiah tertentu untuk memperkuat perilaku positif si kecil.

Sekeras apapun sikap anak, percayalah bahwa Anda mampu mengatasinya dengan sikap tenang.

Dengan demikian, anak keras kepala Anda kelak berubah menjadi anak yang lebih disiplin dan penurut.

 Sumber: hellosehat.com
 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK