ARTICLE

Thu - Apr 22, 2021 / 2104 / Sunday School

Cara Menjadi Guru Sekolah Minggu yang Tegas Tapi Tetap Menyenangkan

Siapa sih yang nggak mau kalau anak-anak bisa menyimak firman Tuhan dengan sungguh-sungguh, bahkan mereka mau mengaplikasikannya dalam kehidupan? Pasti semua kakak guru sekolah minggu mau banget donk. Biasanya guru sekolah minggu seperti ini punya karakter yang tegas tapi tetap bisa menyenangkan.

Lho kok bisa sih, tegas tapi menyenangkan? Tegas itu bukan dalam artian galak lho kak, beda ya. Tegas disini diartikan teguh dalam memegang hal baik untuk diajarkan kepada anak. Dengan ketegasan, anak juga bisa belajar untuk lebih disiplin dan nurut. Lalu bagaimana caranya jadi guru yang tegas tapi menyenangkan, simak disini.

Baca juga : 7 TIPS EFEKTIF UNTUK GURU SEKOLAH MINGGU PEMULA SUPAYA BISA NYAMAN MENGAJAR

Kekurangan kalau kita tidak tegas pada anak sekolah minggu:

- Anak cenderung bisa berlaku semaunya dalam kelas. Jika dibiarkan lama-lama akan menjadi susah diatur.

- Tidak melakukan firman Tuhan. Pelajaran hari itu ya hanya selintas ia dengar. Atau bahkan ke sekolah minggu, buat anak hanya jadi rutinitas saja.

- Bisa mengganggu konsentrasi anak lain

Caranya menjadi guru sekolah minggu yang tegas sekaligus menyenangkan:

  1. Tegas tapi tidak membuat trauma

Usahakan memberikan penjelasan dan alasan yang baik dan masuk diakal anak tanpa harus melakukan kekerasan fisik ataupun verbal. Baik itu mencubit, menjewer, melabel anak dengan julukan apapun, berkata negatif, dll.

 

  1. Bisa menjadi teladan

Guru adalah sosok yang layak ditiru. Anak-anak bisa melihat karakter Tuhan dari diri kita. Oleh karena itu, selain mengajarkan dan menyampaikan firman Tuhan, kita pun harus menghidupinya juga. Kita nggak bisa donk menuntut anak untuk melakukan firman Tuhan, padahal kita sendiri tidak melakukannya. Ini tantangan banget buat guru sekolah minggu yang punya anak kandung di sekolah minggunya, seperti momin.

 

  1. Selalu mau belajar

Guru harus selalu punya cara untuk mendisiplinkan anak sesuai karakternya. Nah kita harus mencari tahu bagaimana cara menangani mereka satu persatu. Kita juga harus belajar bagaimana membawakan materi, permainan, puji-pujian, dll yang anak-anak zaman sekarang merasa nyaman.

Baca juga : 4 TEKNIK MENGAJAR SEKOLAH MINGGU EFEKTIF YANG HARUS KAMU KETAHUI! 

  1. Tegas kepada anak-anak yang mengganggu ketertiban kelas

Hukuman dan teguran bisa mendidik anak, jadi kakak tidak perlu takut kalau orang tua tidak setuju. Namun kembali lagi dengan catatan tetap tegas dan penuh kasih ya dalam menyampaikan dan menghukum mereka.

 

  1. Bisa menempatkan diri

Ada kalanya kakak menunjukkan ketegasan di depan anak, tapi setelah itu kakak juga tetap bisa memperlihatkan kalau kakak adalah orang yang menyenangkan. Nggak perlu tuh kasih tampang jutek terus sepanjang sekolah minggu. Yang ada nanti anaknya takut lho kak. Hehehe…

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kakak lakukan untuk menjadi guru yang tegas namun menyenangkan. Kakak mau mendapatkan pelatihan sebagai guru secara berkala? Yuk ajak gereja kakak bergabung dengan kami. Caranya mudah, tinggal klik di bawah ini.

DAFTAR

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK