ARTICLE

Fri - Jul 17, 2020 / 464 / Sunday School

7 Prinsip Dasar yang Harus Guru Sekolah Minggu Ajarkan Kepada Anak!

Menjadi anak yang takut akan Tuhan dan bisa menjadi garam serta terang dunia adalah impian orang tua Kristen dimanapun. Kita sebagai guru sekolah minggu berkewajiban membantu para orang tua agar anak juga bisa belajar mengenal Tuhan dan perbuatan kasih-Nya lewat sekolah minggu. Oleh karena itu, kakak harus mengajarkan 10 prinsip kebenaran yang membantu anak tetap kuat dalam perjalanan iman mereka bersama Tuhan.

  1. Jika Tuhan melawannya, maka saya juga tidak melakukannya

Galatia 5: 19-24 (tentang perbuatan daging dan buah-buah roh)

Ajaklah anak-anak untuk mulai mempraktikkan buah-buah roh dalam kehidupan mereka, yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri.

 Baca juga : CARA TETAP BERSUKACITA DAN BEROLEH DAMAI KETIKA MENGHADAPI PENCOBAAN

  1. Menjaga hati agar tidak jatuh ke dalam dosa

Melalui Amsal 4:23, anak-anak akan belajar untuk menjaga hati mereka agar kehidupan merekapun terjaga. Kakak juga bisa menjadikan Roma 13:14 sebagai landasan hidup anak.

 

  1. Lebih mudah menjaga hati tetap bersih daripada membersihkan hati yang telah cemar

Tuhan telah mengingatkan kita melalui Matius 15: 18-19, bahwa ketika hati sudah tercemar, maka mulutpun akan bertindak demikian. Secara tidak sadar anak akan dengan mudah berbuat hal yang tidak baik, terutama melalui perkataannya ketika hatinya tercemar. Oleh karena itu, point nomor 2 sangat penting untuk dilakuka oleh anak.

 Baca juga : CARA MUDAH MENGAJARKAN LAGU SEKOLAH MINGGU BARU KEPADA ANAK BATITA DAN BALITA

  1. Anak tidak bisa melawan kedagingan kalau justru anak memanjakannya

Dalam Yakobus 1: 14-15 dikatakan bahwa setiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri. Setiap anak pasti punya kedagingan dalam hati mereka, contoh mudahnya seperti mencontek. Jika anak sudah terlatih bisa bertahan dalam imannya, ia akan meminta Roh Kudus untuk menyingkirkan pikiran tersebut. Namun jika ia masih kalah, ia akan melakukan hal itu dan berakibat dosa.

 

  1. Kompromi kecil bisa menyebabkan bencana besar!

Jadikan Lukas 16: 10 sebagai landasan hidup anak-anak agar mereka setia pada perkara kecil. Karena kompromi sekecil apapun pada kedagingan, bisa menyeret mereka pada perbuatan salah yang lebih besar lagi.

 

  1. Belajar menjadi berguna bagi orang lain

Seperti yang terjadi saat ini, kita dihimbau untuk tetap menggunakan masker saat keluar rumah. Boleh tidak keluar tanpa masker, boleh. Tapi apakah itu sikap yang baik? Tidak. Karena kita bisa saja menularkan atau tertular Covid-19 dari orang lain. Oleh karenanya, Tuhan telah berpesan dalam 1 Korintus 10: 23-24, bahwa kita hidup itu sebagai keuntungan bagi orang lain.

Baca juga : 7 KUNCI SUKSES MEMIMPIN PUJIAN DAN MEMBUAT ANAK FOKUS BERNYANYI 

  1. Anak tidak bisa melawan kedagingan dengan daging

Anak hanya bisa melawan kedagingan dengan kuasa Allah melalui Roh Kudus dalam dirinya. Ia tidak akan bisa melawan dengan dirinya sendiri tanpa mengandalkan Tuhan. Ajarkanlah anak untuk selalu meminta petunjuk Tuhan, jika mereka bingung apa yang harus mereka pilih (2 Korintus 10: 3-5).

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK