ARTICLE

Thu - Jul 09, 2020 / 568 / Sunday School

7 Kunci Sukses Memimpin Pujian dan Membuat Anak Fokus Bernyanyi

Anak hanya bernyanyi dengan tatapan kosong. Anak tidak hafal lagunya, malah jadi mengganggu temannya. Dan masih banyak sekelumit tantangan saat guru sekolah minggu mengajak anak melakukan puji-pujian. Apalagi kalau sekolah minggunya online begini nih. Anak menyaksikan di rumah, guru sekolah minggunya dalam video.

Lalu bagaimana ya caranya membuat anak fokus bernyanyi memuji Tuhan di sekolah minggu? Nah Superbook ada tipsnya nih kak!

Baca juga : CHRIS TIDAK SENGAJA MEMBAKAR RUMAHNYA! KISAHNYA ADA DI SEKOLAH MINGGU ONLINE SUPERBOOK

  1. Buat rencana dan persiapkan

Kata siapa puji-pujian tidak membutuhkan persiapan yang sematang pembawa firman? Wah, sama kak. Membawakan pujian tetap harus dengan persiapan yang baik. Mimin sering menjumpai tuh guru sekolah minggu yang baru mempersiapkan beberapa jam, bahkan menit sebelum waktu sekolah minggu dimulai. Waduh jangan ya kak! Kita harus berintegritas juga dalam pelayanan ya.

Dalam persiapan ini, kakak bisa memilih lagu sambil menyesuaikan dengan tema maupun tingkat pengetahuan atau umur anak. Jadi sebaiknya tidak membawakan lagu yang sulit untuk anak-anak yang masih batita dan balita ya. Pilih kata yang berulang-ulang dan nadanya mudah dinyanyikan. Lalu persiapkan juga dengan musiknya.

 

  1. Posisikan diri kakak sebagai anak-anak

Jika kakak ingin anak-anak mengerti lirik dan bisa menjiwai lagu, posisikan diri kakak sebagai anak-anak yang memuji Tuhan. Jangan berasumsi anak langsung mengerti apa yang mereka nyanyikan, tapi kitalah yang menuntunnya agar mereka benar-benar bisa menghidupi lirik itu.

 

  1. Pakai teknologi

Bosan hanya bernyanyi dengan iringan gitar atau keyboard? Sesekali yuk agak repot sedikit kak. Kita ajak anak karaoke-an sambil memuji dan memuliakan nama Tuhan.

 

  1. Ingat: Kuncinya diulang

Anak-anak suka pengulangan. Semakin familiar mereka dengan lagunya, mereka akan semakin mudah menyanyikannya.

 

  1. Pakai gerakan

Ketika anak menyanyikan lagu dengan gerakan, ini membantu mereka mengingat dan mengambarkan liriknya. Untuk beberapa anak, gerakan kinestetik yang sesuai dengan lirik, membantu mereka memahami makna dan mengingat liriknya.

 Baca juga : TIDAK BISA IKUT SEKOLAH MINGGU ONLINE, MEREKA MEMAKAI CARA INI

  1. Jadilah teladan

Kalau kakak ingin anak-anak bisa aktif bernyanyi dan bersungguh-sungguh, maka kakak juga harus menunjukkannya ketika kakak bernyanyi di depan. Kakak benar-benar membawakannya dengan bersemangat, ekspresif, dan menjiwai.

 

  1. Tetap fleksibel

Kalau lagu yang direkomendasikan oleh kurikulum sekolah minggu kakak begitu sulit dan tidak dikenal anak, kita bisa kok mencarikan lagu pengganti yang lebih baik. Jadi jangan terlalu kaku dengan apa yang tertera di buku. Asalkan nilai-nilainya masih sama dan liriknya tidak melenceng, diganti saja kak.

Jadi ingat kata kunci ini RENTUKAN, RENcana, TUjuan, dan geraKAN. Rencanakan lagu yang akan dibawakan. Lagu bisa mengajarkan anak firman Tuhan juga, jadi tentukan apa yang kakak inginkan agar anak belajar. Dan jangan lupa lakukan dengan gerakan maupun ekspresi.

Cari tahu tips lainnya DISINI

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK