ARTICLE

Wed - Jun 16, 2021 / 1762 / Inspirational

7 Pahlawan di Alkitab yang Bisa Jadi Teladan Hidup Anak

Dalam Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; seorang pejuang yang gagah berani. Definisi tersebut memberi gambaran bahwa seseorang yang mempunyai keberanian dan kerelaan berkorban dalam membela atau memperjuangkan sesuatu demi kebenaran, keadilan, dan kebebasan dalam konteksnya, disebut sebagai pahlawan.

Nah menurut kakak, siapa 7 pahlawan Alkitab versi kakak? Kalau Superbook punya beberapa pahlawan di Alkitab yang bisa jadi teladan anak-anak lho. Siapa saja mereka? Simak dibawah ini:

Baca juga : TOKOH ALKITAB YANG NAMANYA DIUBAH OLEH TUHAN YANG MUNGKIN BELUM KAMU TAHU

  1. GIDEON

Gideon awalnya adalah seorang yang tidak kelihatan seperti pahlawan karena bersembunyi dari musuh-musuhnya yang baru menguasai Israel. Akhirnya malaikat Tuhan menampakkan diri kepada Gideon. Ia dirubah dari seorang pengecut menjadi seorang pemimpin yang pemberani. Gideon dengan setia mematuhi perintah Allah, bahkan ketika orang-orang lain meragukan kebijaksanaannya.  Ia berhasil mengalahkan pasukan musuh (Midian) yang berjumlah 135.000 orang hanya dengan kekuatan pasukan 300 orang bersenjatakan sangkakala, buyung kosong, dan obor! Mereka berhasil “membunuh” 120.000 pasukan musuh (Hak. 7:19-25, 8:10). Luar Biasa!

 

  1. DANIEL

Daniel adalah pribadi yang taat kepada Allah dan tekun berdoa. Dari kisahnya di dalam kitab Perjanjian Lama, kita dapat membaca bahwa ia biasa berdoa dengan berlutut dan memuji Allah sebanyak tiga kali sehari.Karena undang-undang Raja Darius yang menetapkan hukuman mati bagi orang yang menyembah selain kepada raja, maka Daniel dilempar ke gua singa.Tuhan melindungi Daniel dari celaka, dan raja akhirnya memerintahkan semua orang harus menyembah Tuhan Yang Hidup.Kisah Daniel selayaknya membuka mata kita bahwa ada kuasa luar biasa di balik ketekunan kita berdoa.

 

  1. YUSUF

Yusuf adalah buah kasih Yakub dan Rahel. Ia mengalami serangkaian proses pembentukan dan persiapan dari Allah untuk menjadikannya pemimpin dan penyelamat bagi bangsa Israel dan bangsa-bangsa lainnya. Ia menjadi orang kepercayaan dalam Istana Raja Firaun dengan jabatan sebagai Raja Muda. Kesuksesan yang diperoleh Yusuf bukanlah sesuatu yang jatuh dari langit begitu saja, tetapi merupakan buah kesabaran dan pengendalian diri yang baik, juga merupakan wujud kasih Allah yang senantiasa menyertai setiap perjalanan hidupnya. Belajar dari Yusuf, untuk menjadi pahlawan, seseorang terlebih dahulu harus merdeka dari keinginan dirinya sendiri. Itulah sebabnya dalam Amsal 16:32 dikatakan bahwa, “Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.”

 Baca juga : MANFAAT MENGAJARKAN ANAK UNTUK DAPAT BERKATA POSITIVE SELF TAL

  1. DAUD

Daud adalah seorang anak gembala.Dalam ayat 37, Daud menegaskan kepada Raja Saul bahwa ia akan berjuang dan mengalahkan Goliat karena Tuhan ada di pihaknya. Hal ini menunjukkan bahwa Daud memiliki iman kepada Tuhan dan percaya bahwa Dia akan menyelamatkan umat-Nya. Kemudian, di tengah-tengah pertempuran, Daud menegaskan bahwa Tuhanlah yang akan membunuh Goliat, bukan Daud.

 

  1. ESTER

Saat itu Haman berencana untuk membunuh seluruh orang Yahudi. Kemudian Ratu Ester memutuskan untuk membahayakan dirinya dengan datang kepada raja dan menyatakan bahwa ia adalah seorang Yahudi dan tidak tinggal diam sementara orang-orang Yahudi dibunuh. Kisah Ester mengajarkan kepada kita untuk melakukan hal yang benar walaupun harus berani berkorban.

 

  1. MUSA

Musa adalah seorang yang dipilih Tuhan untuk memimpin bangsa Israel lepas dari perbudakan di Mesir. Walaupun sebelumnya Musa selalu merasa dirinya tidak mampu, tapi akhirnya dengan bantuan dan bimbingan Tuhan, Ia berani dan menjadi pemimpin atas bangsa Israel. Tuhan membantu Musa dengan menunjukkan kuasanya lewat tulah-tulah, perjalanan keluar dari Mesir, dan terbelahnya Laut Merah.

 Baca juga : ALASAN KENAPA TUHAN MARAH TAPI JUGA PANJANG SABAR

  1. YESUS

Tidak bisa dipungkiri pahlawan untuk semua umat manusia adalah Tuhan Yesus Kristus. Ia yang begitu sangat mengasihi manusia, rela turun ke dunia demi menebus dosa umat manusia. Kepahlawanannya dilambangkan dengan kasih sayang dan pengorbanan di kayu salib. Ia ingin bahwa semua yang percaya kepada-Nya melakukan hal yang sama, yaitu terus membagikan kasih kepada semua orang dan percaya kepada-Nya.

Sebenarnya pahlawan yang ada di Alkitab masih sangat banyaaakkkk sekali. Masih ada Nuh, Yusuf, Nehemia, Paulus, dan banyak lagi. Nah kalau kakak ingin menjadi pahlawan masa kini untuk anak-anak, kakak bisa bergabung dengan gerakan kami untuk menyediakan 2100 peralatan sekolah bagi anak-anak NTT.

DAFTAR

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK