ARTICLE

Tue - Jun 15, 2021 / 912 / Inspirational

Tokoh Alkitab yang Namanya Diubah Oleh Tuhan yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Di zaman Alkitab, seseorang biasanya diberi nama sesuai watak atau karakternya. Misalnya “Daud” yang berarti ‘terkasih’. Dalam kehidupannya, Daud memang dikenal sebagai tokoh Alkitab yang berkenan di hati Tuhan. Nah Alkitab sendiri juga mencatat beberapa tokoh yang akhirnya berubah nama lho. Uniknya, Tuhan sendiri yang mengubah nama mereka.

Ingin tahu siapa saja mereka? Yuk simak dibawah ini.

  1. Abram menjadi Abraham

Tuhan melihat ketaatan hati Abram. Sejak itulah Tuhan berjanji akan selalu menyertainya. Saat itu pula Tuhan mengubah nama Abram menjadi Abraham.

“Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham,  karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.” (Kejadian 17:5)

Tuhan mengubah nama Abram yang artinya ‘bapa yang ditinggikan’ menjadi Abraham yang berarti ‘bapa dari banyak bangsa’. Tuhan mengubah namanya karena perubahan peran yang Tuhan berikan atas hidupnya.

 Baca juga : MANFAAT MENGAJARKAN ANAK UNTUK DAPAT BERKATA POSITIVE SELF TALK

  1. Sarai menjadi Sara

Istri Abraham, Sarai juga berubah nama lho. Tuhan mengubah namanya menjadi Sara.

Selanjutnya Allah berfirman kepada Abraham: 'Tentang isterimu Sarai, janganlah engkau menyebut dia lagi Sarai, tetapi Sara, itulah namanya.” (Kejadian 17:15)

Sarai sendiri berarti ‘putriku’, dimana kehormatannya hanya terbatas dalam keluarga saja. Karena itulah Tuhan mengubah namanya menjadi Sara yang artinya seorang ‘putri dari banyak bangsa’.

 

  1. Petrus menjadi Kefas

Yesus mengubah nama Petrus menjadi Kefas yang artinya batu karang. Tuhan mengubah nama tersebut sebagai representasi apa yang dia lakukan untuk gereja.

“Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: 'Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus).” (Yohanes 1:42)

 Baca juga : ALASAN KENAPA TUHAN MARAH TAPI JUGA PANJANG SABAR

  1. Yakub menjadi Israel

Dalam pengungsiannya, Tuhan datang menghampiri Yakub. Lalu Yakub bergulat dengan Tuhan sampai pinggulnya terpelecok (robek). Yakub memaksa Tuhan untuk memberkatinya.

“Lalu kata orang itu: 'Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing.' Sahut Yakub: 'Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku. ' Bertanyalah orang itu kepadanya: 'Siapakah namamu?' Sahutnya: 'Yakub.“ Lalu kata orang itu: 'Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.” (Kejadian 32: 26-28)

Itulah empat tokoh Alkitab yang namanya diubah oleh Tuhan. Apalagi nih yang membuat kakak ingin tahu? Yuk sertakan pertanyaanmu dibawah, siapa tahu keingintahuan kakak akan Superbook jawab nantinya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK