ARTICLE

Mon - Apr 19, 2021 / 1771 / Sunday School

4 Teknik Mengajar Sekolah Minggu Efektif yang Harus Kamu Ketahui!

Entah kakak masih pemula atau sudah senior menjadi guru sekolah minggu, pasti ada saja tantangan dan kesulitannya saat mengajar. Mungkin karena materi yang terlalu sulit disampaikan, bingung membuat anak tertarik untuk mendengarkan firman, atau terlalu pusing dengan suasana kelas yang sulit diatur.

Nah kali ini Superbook mau membagikan teknik-teknik yang bisa membantu kakak menjadi guru sekolah minggu yang lebih baik lagi. Tapi jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman guru lainnya ya dengan cara klik share di bagian paling bawah artikel. Supaya kita bisa bertumbuh bersama secara maksimal demi anak-anak sekolah minggu kita!

  1. Persiapkan hati kakak, tidak hanya pikiran saja

Sadar atau nggak kadang kita sebagai guru sekolah minggu terlalu sibuk di kehidupan sehari-hari kita. Momin tahu, mayoritas guru sekolah minggu itu juga ada yang bekerja, kuliah, bahkan masih sekolah. Dan untuk mempersiapkan sekolah minggu pastinya membutuhkan waktu. Mayoritas kita mungkin baru mempersiapkan sekolah minggu itu Sabtu malam sebelumnya. Ya sebenarnya tidak masalah.

Baca juga : 15 AYAT YANG BISA MEMBANGKITKAN SEMANGAT MELAYANI GURU SEKOLAH MINGGU!

Tapi kalau kakak ingin agar pengajaran kakak bisa lebih efektif dicerna oleh anak-anak, kita harus mulai berusaha mempersiapkan tidak hanya pikiran (materi mengajar), tapi juga hati kita. Yuk kita mulai persiapan dengan mendoakan terlebih dulu pelayanan yang akan kita lakukan, anak-anaknya, dan materi yang disampaikan. Mintalah kebijaksanaan dan kreativitas dari Tuhan juga ya.

 

  1. Bercerita Firman Tuhan

Satu hal yang kita bisa pelajari dari Tuhan Yesus adalah Ia mengajar kita dengan bercerita atau perumpamaan. Apalagi anak-anak, mereka suka mendengarkan sebuah cerita. Jika kita ingin membuat anak mengerti firman Tuhan sesuai dengan usianya, kita bisa menceritakan isi Alkitab seakan itu adalah kisah yang super menarik dan membuat mereka ingin tahu lebih dalam.

Tautkan isi pengajaran dengan kehidupan anak sehari-hari, agar mereka semakin mengerti dan bisa melakukan firman Tuhan juga.

 

  1. Ajak bergerak, berkreasi, dan berbicara

Sudah basi banget ya kalau guru sekolah minggu zaman sekarang masih satu arah. Kasih kesempatan anak dunk untuk ikut berbicara mengutarakan pendapatnya. Untuk anak yang masih prasekolah, ajak mereka aktif, bergerak dan bermain beberapa permainan, memeragakan karakter. Dan untuk anak yang sudah besar (sekolah), ajak mereka berkreasi. Seperti menggambar, membuat prakarya, melakukan percobaan sambil menjelaskan kaitannya dengan firman Tuhan, dll.

 Baca juga : CARA EFEKTIF MENGAJARKAN ANAK TENTANG AMANAT AGUNG

  1. Fokus pada perubahan, bukan hanya informasi

Banyak guru sekolah minggu masih belum menyadari ini. Kita terlalu berfokus pada pengajaran yang kita lakukan, tapi lupa pada perubahan pemikiran, sikap, maupun tingkah laku anak setelah belajar firman Tuhan. Apalagi saat sekolah mingu hanya dipakai untuk menghafal ayat atau kisah Alkitab saja tanpa memaparkan bagaimana pengaplikasiannya dalam kehidupan anak sendiri.

Memang anak bisa hafal ayat dan kisah Alkitab itu bagus, tapi bukankah Tuhan kita mengajarkan agar firman Tuhan itu dihidupi dan dilakukan? (Matius 7:24 dan Lukas 6:49) Yuk kita mulai fokus pada perubahan anak juga.

Ada bonus tips juga nih Super Teacher! Supaya pengajaran dan pelayanan kakak di sekolah minggu semakin efektif, kakak juga bisa berkreasi dengan format tempat duduk anak. Biasanya kan kita sering melihat kalau guru ada di depan dan anak-anak duduk menghadapnya (cara tradisional). Kakak bisa berkreasi dengan duduk di antara anak-anak (formasi semi lingkaran), mengelompokkan anak berdua atau bertiga agar bisa mendiskusikan firman Tuhan, dan lainnya. Ayo dukung terus Superbook untuk memberikan artikel inspiratif lainnya lewat share artikel dengan klik di bawah ini.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK