ARTICLE

Fri - Mar 26, 2021 / 351 / Sunday School

Cara Efektif Mengajarkan Anak tentang Amanat Agung

Biasa banget rasanya mendengar seorang dewasa bertanya kepada anak-anak tentang cita-cita mereka saat sudah besar nanti. Anak-anak yang polos akan menjawab berbagai profesi sesuai dengan kesukaan dia. Tapi jarang banget ada yang nanya, “Kamu tahu nggak, Tuhan Yesus mau kamu jadi apa?”

Sebenarnya pertanyaan itu penting, tapi memang hampir tidak pernah kita tanyakan kepada anak-anak. Tuhan Yesus sendiri sudah memberitahukan kepada kita tentang apa yang harus kita lakukan sebagai pengikut-Nya, yaitu dalam Matius 28: 19-20.

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Baca juga : CARA GURU SEKOLAH MINGGU MENGAJARKAN DAN MELIBATKAN ANAK UNTUK MELAKUKAN PENGINJILAN

Lalu bagaimana cara mengajarkan anak tentang Amanat Agung ini agar mereka juga bisa ikut serta melakukannya :

  1. Katakan

Setelah Tuhan Yesus mati di kayu salib, Ia bangkit kembali. Tapi sebelum Ia kembali naik ke surga, Tuhan memberikan pesan penting kepada semua murid-muridnya tentang apa yang harus kita lakukan.

 

  1. Baca

Bacalah ayat Matius 28: 19-20 Amanat Agung ini bersama-sama.

 

  1. Isi dan diskusi


Kakak bisa download lembar aktivitas di bawah untuk anak-anak di sekolah minggu kakak. Isinya tentang nama-nama orang yang telah Tuhan taruh dalam hati anak, karena orang tersebut ada dalam kehidupan anak dan ada rencana Tuhan luar biasa pada orang itu. Namun sebelum mengisinya, ajak anak berdoa terlebih dahulu.

Inilah tugas anak juga sebagai pengikut Kristus untuk memberitakan Kabar Baik. Mungkin anak masih ragu-ragu, malu atau takut karena berpikir itu sulit. Tapi saat ini, ajaklah anak untuk berdiskusi dimana hambatan yang ia rasakan kemudian doakan mereka, dan yakinkan bahwa Yesus selalu berada di sisi anak. Ajak anak juga berdiskusi tentang siapa saja nama orang yang mereka tulis dan kenapa mereka cantumkan.

 Baca juga : JAWABAN YANG TEPAT UNTUK ANAK SAAT BERTANYA KENAPA BANYAK HAL BURUK TERJADI

  1. Lakukan

Ajaklah anak berkomitmen untuk tantangan yang tertera dalam lembar aktivitas tersebut, mulai dari :

  • Berdoa untuk orang-orang yang ada di daftar setiap hari.
  • Habiskan waktu bersama mereka. (Memang ini sulit sekarang. Tapi kita bisa tetap berkomunikasi via HP)
  • Undang mereka ke gereja.
  • Bagikan Yesus dengan mereka. (Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan membagikan kepada mereka cara-cara Yesus telah mengubah hidup kakak. Semakin kakak mengenal Yesus, semakin Dia akan muncul secara alami dalam percakapan kakak!)

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK