ARTICLE

Fri - Feb 05, 2021 / 494 / Sunday School

10 Fakta Malaikat yang Harus Diketahui Guru Sekolah Minggu

Ada nggak sih anak yang pernah nanya ke kakak, apakah malaikat itu benar-benar ada? Atau justru anak-anak pengen tahu bagaimana sih bentuk malaikat dan fakta-fakta lainnya. Nah untuk membantu kakak menjawab berbagai pertanyaan yang anak ajukan seputar malaikat, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Mungkin kakak belum pernah dengar atau belajar tentang keberadaan para malaikat ini. Tapi mereka itu adalah makhluk yang nyata lho kak! Mereka bahkan selalu ada di sekitar kita. Nah kakak bisa berbagi fakta tentang malaikat ini kepada anak-anak kalau mereka ingin tahu ya. Berikut fakta yang perlu kakak ketahui.

Baca juga : 5 CARA MENGATASI ANAK PRASEKOLAH YANG TIDAK MAU SEKOLAH MINGGU

1. Malaikat makan makanan di surga

Eh tau darimana? Coba kak buka Mazmur 78: 25,”…setiap orang telah makan roti malaikat, Ia mengirimkan perbekalan kepada mereka berlimpah-limpah.”

 

2. Malaikat akan dihakimi oleh manusia

Masa sih? Bukannya malaikat itu adalah makhluk yang suci? Yuk buka 1 Korintus 6:3, “Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? Jadi apalagi perkara-perkara biasa dalam hidup kita sehari-hari.

 

3. Malaikat memiliki bahasa sendiri

Kalau ayat ini, pasti kakak familiar banget karena dipakai jadi lirik lagu juga. 1 Korintus 13:1, “Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa  manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.”

 

4. Malaikat tidak maha tahu

1 Petrus 1:12, “Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.”

 Baca juga : FAKTA TENTANG LAUT MERAH YANG HARUS GURU SEKOLAH MINGGU KUASAI SAAT ANAK BERTANYA

5. Malaikat bisa berbuat dosa

Nah kalau yang ini, mungkin kakak guru sudah pada tahu ya bahwa ada malaikat terkenal yang berbuat dosa. Hehee…. Yap, dialah Lucifer. Ternyata di Alkitab sendiri menceritakan, ada malaikat-malaikat yang berbuat dosa juga. 2 Petrus 2:4, “Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam nerakadan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman.”

 

6. Sebagian malaikat diikat dengan rantai menunggu hari penghakiman

Yudas 1:6,” Dan bahwa Ia menahan malaikat-malaikat yang tidak taat pada batas-batas kekuasaan mereka, tetapi yang meninggalkan tempat kediaman mereka, dengan belenggu abadi di dalam dunia kekelaman sampai penghakiman pada hari besar”

Saat itu Yudas menunjuk kepada para malaikat yang tidak tinggal di dalam kedudukan kekuasaan seperti semula, tetapi memberontak terhadap Allah, melanggar hukum-Nya dan yang kini terpenjara sambil menunggu penghakiman. Akan tetapi, tidak semua malaikat terjatuh itu terpenjara, karena Iblis dan banyak setan berkeliaran di bumi saat ini (2 Petrus 2:4).

 

7. Malaikat bisa membunuh umat manusia

Wahyu 9:15, “Maka dilepaskanlah keempat malaikat yang telah disiapkan bagi jam dan hari, bulan dan tahun untuk membunuh sepertiga dari umat manusia.” pastilah malaikat-malaikat ini jahat atau roh-roh jahat, karena malaikat kudus tidak terikat. 

 

8. Malaikat bisa dilihat oleh binatang

Masih ingat dengan kisah keledai Bileam, yap itu salah satunya. Bilangan 22:23, “Ketika keledai itu melihat Malaikat TUHAN berdiri di jalan, dengan pedang terhunus di tangan-Nya, menyimpanglah keledai itu dari jalan dan masuk ke ladang. Maka Bileam memukul keledai itu untuk memalingkannya kembali ke jalan.”

 Baca juga : TIPS MELIBATKAN ANAK UNTUK AKTIF MELAYANI DI SEKOLAH MINGGU

9. Malaikat bisa mengendalikan binatang

Ternyata selain binatang bisa melihatnya, malaikat juga bisa mengendalikannya. Hal ini dijelaskan pada kisah Daniel 6:22,” Allahku telah mengutus malaikat-Nya untuk mengatupkan mulut singa-singa itu, sehingga mereka tidak mengapa-apakan aku, karena ternyata aku tak bersalah di hadapan-Nya; tetapi juga terhadap tuanku, ya raja, aku tidak melakukan kejahatan.'

 

10. Malaikat bisa mengontrol benda tanpa menyentuhnya

Jika kita membaca Kisah Para Rasul 12: 7-10, disitulah kita bisa melihat kemampuan dari salah satu malaikat. Mulai dari menggugurkan rantai Petrus, sampai pintu terbuka sendiri.

Itulah 10 fakta tentang malaikat yang bisa menambah pengetahuan kakak. Apakah ada fakta lainnya nih yang terlewat dan kakak mengetahuinya? Yuk share di kolom komentar ya.

Sumber : Youtube Jawaban

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK