ARTICLE

Fri - Jan 29, 2021 / 4599 / Sunday School

Fakta Tentang Laut Merah yang Harus Guru Sekolah Minggu Kuasai Saat Anak Bertanya

Anak-anak ada saja rasa ingin tahunya. Kita sebagai guru sekolah minggu tentunya tidak siap dengan keunikan pertanyaan mereka. Mungkin kakak besok minggu akan membawakan materi tentang kisah Musa yang membawa bangsa Israel keluar dari Mesir. Nah, sebelum kakak ditanya oleh anak nih, ada baiknya baca artikel ini sampai habis.

Mungkin saat kita membahas keluarnya bangsa Israel dari Mesir oleh Musa, akan ada pertanyaan dari anak, salah satunya,”Kak katanya Musa bisa membelah lautan ya, Laut Merah? Itu emang beneran merah gitu warna lautnya?”

Ehmm… Yuk kita bahas bersama-sama, fakta tentang Laut Merah di zaman Musa waktu itu.

Baca juga : TIPS MELIBATKAN ANAK UNTUK AKTIF MELAYANI DI SEKOLAH MINGGU

Laut Merah adalah Laut Teberau (Keluaran 13:18)

Saat itu bangsa Israel sedang melakukan perjalanan keluar dari Mesir menuju Kanaan.  Dalam Kisah Para Rasul 7: 36, Ibrani 11: 29 dan Keluaran, disebutkan nama laut itu adalah Laut Merah (Red Sea) yang sebenarnya salah terjemahan Septuaginta Yunani.

Dalam Bahasa Ibrani, laut ini disebut Yam Suph, dan kata ini muncul sebanyak 23 kali dalam kitab Perjanjian Lama. Yam yang berarti laut, sementara Suph berarti gelagah, teberau, alang-alang air, jenis tanaman air. Jadi, kenapa lebih dikenal dengan nama Laut Merah ya? Simak di bawah.

Warna merah?

Jadi dinamakan Laut Merah bukan karena di laut ini ada banyak pasukan Mesir yang tewas lho ya kak. Pada musim panas, air di Laut Merah terlihat kemerahan akibat warna alang-alang, ganggang, dan ekosistem yang ada di bawahnya. Alang-alang dalam bahasa Inggris disebut “reed, tapi ada kesalahan penyebutan menjadi “red”.

Baca juga : INILAH FORMULA YANG MEMBUAT PERSIAPAN SEKOLAH MINGGU MENJADI MUDAH

Tempat menyeberang

Diperkirakan bahwa bangsa Israel saat itu menyeberang dari kota Nuweiba di Teluk Aqaba. Ayat-ayat Alkitab ini juga mengacu pada Teluk Aqaba, yaitu Keluaran 23:31, Bilangan 21: 4, Ulangan 2: 1, Hakim-hakim 11: 16, 1 Raja-raja 9:26. Sebuah penemuan menemukan bahwa tempat dimana bangsa Israel menyeberang merupakan jembatan dasar laut! Jembatan ini memiliki panjang 17,7 km, lebar 11-16 km dan kedalamannya hanya 800 m. Sedangkan sebelah kanan dan kiri jembatan, kedalamannya bisa mencapai lebih dari 1.600 m.

Nah sekarang sudah tahu kan kak serba serbi tentang Laut Merah ini. Semoga bisa menjadi referensi kakak untuk menjelaskan kepada anak-anak ya. Selamat melayani.

Artikel lainnya :

BAGAIMANA CARANYA MEMBUAT SEKOLAH MINGGU DI GEREJA SAYA MENJADI EFEKTIF?

ANAK BINGUNG KENAPA KITA DIUMPAMAKAN SEPERTI DOMBA, INI JAWABANNYA!

JANGAN LARANG ANAK MENDEBAT, MELAINKAN ATASI DENGAN CARA INI

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK