ARTICLE

Thu - Jan 28, 2021 / 408 / Sunday School

Tips Melibatkan Anak untuk Aktif Melayani di Sekolah Minggu

Capek nggak sih kalau kakak terus yang melayani di sekolah minggu? Udah gitu, anak-anak yang dilayani juga cukup banyak. Sudah jadi pemusik sekaligus pembawa pujian, membawakan doa, eh membawakan firman juga. Waduh! Berarti kakak butuh bantuan tuh.

Kalau belum ada guru sekolah minggu lainnya, kakak bisa kok minta tolong ke anak-anak sekolah minggu. Jangan kuatir kak, mereka juga punya kemampuan kok, asal kita bantu mereka untuk mengembangkannya sedari dini. Karena mereka jugalah yang nantinya akan meneruskan pelayanan kita ke adik-adiknya lho.

Baca juga : INILAH FORMULA YANG MEMBUAT PERSIAPAN SEKOLAH MINGGU MENJADI MUDAH

Untuk mulai melibatkan anak-anak, yuk mulai dengan cara ini:

Berikan pengertian

Sebelum melibatkan mereka ke dalam pelayanan, berikan pengertian yang benar dulu tentang melayani. Apa itu melayani, bidang apa yang cocok buat mereka untuk melayani, dan bagaimana cara melayani. Jangan lupa, ingatkan dasar pelayanan berulang-ulang, agar ia mengerti dengan pasti esensi dari melayani.

Berikan teladan

Teladan adalah senjata paling powerfull bagi banyak orang. Tanpa teladan yang benar, jangan harap anak ingin melayani. Jadi, sebagai pelayan, yuk berikan teladan yang benar. Layanilah dengan semangat, muka yang ceria, dan jangan lupa tersenyum kak!

Berikan kesempatan ketika gagal

Anak-anak selalu senang dengan kesempatan, dan sangat mudah merasa bersalah ketika gagal. Jadi, coba kakak berikan kesempatan kepada mereka ketika gagal. Biarkan mereka belajar dari kegagalannya, dan jangan lupa ajari mereka untuk jadi lebih baik.

Baca juga : BAGAIMANA CARANYA MEMBUAT SEKOLAH MINGGU DI GEREJA SAYA MENJADI EFEKTIF?

Berikan apresiasi ketika berhasil

Nah, jika ia berhasil, jangan lupa berikan ia apresiasi ya kak. Anak-anak senang sekali diapresiasi, apalagi jika diberikan hadiah. Jadi, jangan sungkan dan malas memberikan apresiasi jika ia berhasil menyelesaikan kesempatan pelayanannya.

Dengan empat cara mentoring ini, kakak bisa mengenalkan Yesus melalu pemuridan kakak, bahkan sampai sang anak nanti bisa menggantikan kakak menjadi pelayan sekolah Minggu. Semakin muda mereka mengenal kebenaran, semakin cepat mereka menjadi pemimpin loh. Jadi, ayo memuridkan generasi anak sekarang!

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK