ARTICLE

Tue - Feb 02, 2021 / 599 / Parenting

10 Cara Membuat Anak Menjadi Taat atau Patuh

Paling stress rasanya saat anak sekolah dirumah tapi mereka tidak bisa taat dan patuh. Diminta belajar berkonsentrasi dan mengerjakan PR dengan serius, eh yang ada anaknya malah main handphone atau game. Setelah sekolah online, boleh bermain di luar sebentar, eh malah kebablasan sampai malam.

Haduh kalau sudah begini, orang tua yang kerja di rumah juga jadi pusing ya. Di satu sisi harus bekerja, tapi juga harus mengawasi anak untuk melakukan tanggung jawabnya dengan baik. Lalu gimana sih caranya membangun kebiasaan anak untuk taat dan patuh kepada orang tua?

1. Duduk dan bicarakan bersama anak tentang sikapnya.

2. Berikan contoh teladan mana respon yang benar dan salah ketika mereka diminta untuk melakukan sesuatu.

Baca juga : ANAK BINGUNG KENAPA KITA DIUMPAMAKAN SEPERTI DOMBA, INI JAWABANNYA!

3. Berdoa bersama anak, minta Tuhan untuk membimbingnya agar taat pada hal yang benar. Dan tentunya agar orang tua tetap konsisten menerapkan aturan.

4. Ingatkan mereka jika beberapa hari kedepan masih tidak taat dan patuh. Ingatkan anak bahwa respon mereka masih belum tepat dan harus mencoba lebih baik lagi.

5. Buat tabel karakter anak, dimana Superparents bisa memberikan stiker lucu saat anak bisa merespon dengan benar. Atau bisa dengan memberikan reward (tidak harus berupa barang/ hadiah, bisa berupa kata-kata motivasi) jika anak sudah merespon dengan benar.

6. Setelah beberapa hari mengingatkan anak untuk melatih berperilaku yang baik, beritahukan kepada anak bahwa Superparents ingin anak melakukannya sendiri tanpa harus diingatkan lagi berkali-kali.

7. Tetapkan konsekuensi yang akan anak terima jika ia tidak taat dan patuh kepada orang tua. Anak harus mengetahui konsekuensinya sebelum Superparents mulai tahap memperbaiki perilaku anak.

Baca juga : JANGAN LARANG ANAK MENDEBAT, MELAINKAN ATASI DENGAN CARA INI

8. Harus konsisten! Jangan terjebak untuk mengulang-ulang lagi perintah agar anak taat dan patuh atau menaikkan suara Superparents.

9. Yakin pada anak dan tunjukkan kasih sayang Superparents saat anak membutuhkannya.

10. Saat Superparents sadar bahwa sudah kembali ke kebiasaan lama, yaitu berteriak atau mengulang-ulang perintah agar anak taat dan patuh, adakan kumpul keluarga untuk membahasnya.

Inilah 10 cara yang bisa Superparents terapkan dirumah. Semoga berhasil ya. Kalau ada masukan boleh langsung tulis di kolom komentar.

Artikel Lainnya :

HAL YANG MEMBUAT ANAK TIDAK MUDAH BERSOSIALISI DAN TIDAK PERCAYA DIRI

5 TIPS BAGI ORANG TUA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER KRISTUS DALAM DIRI ANAK

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK