ARTICLE

Tue - Jan 26, 2021 / 550 / Parenting

5 Tips Bagi Orang Tua untuk Membangun Karakter Kristus Dalam Diri Anak

Jika kita ingin anak sukses di masa depan, kita bisa mendukung anak dengan membentuk karakter mereka dari sekarang. Lalu pertanyaannya, bagaimana caranya mulai membentuk karakter anak dan tahu sifat anak yang sesungguhnya agar kita mudah mengarahkannya?

Kita bisa mulai dengan cara yang sederhana kok. Coba Superparents pikirkan hal apa yang membuat kita kewalahan saat menghadapi sikap dan perilaku anak. Kita bisa mulai dari memperbaiki hal ini. Misalnya anak sulit menurut permintaan Superparents. Mereka harus dikasih tau 2-3 kali dulu, baru melakukannya. Berarti kita bisa mulai mengatasi kepatuhannya.

Jadi intinya, atasi dulu sumber masalahnya. Mulai latih anak untuk mengubah karakter di area itu. Barulah kita bisa membentuk keseluruhannya. Lalu gimana sih buat membangun karakter Kristus dalam kehidupan anak?

Baca juga : HAL YANG MEMBUAT ANAK TIDAK MUDAH BERSOSIALISI DAN TIDAK PERCAYA DIRI

Gunakan cerita Alkitab

Pastinya kita akan bangga jika anak kita bisa menjadi berkat dan dampak bagi orang-orang sekitarnya. Superparents bisa memulainya dengan menceritakan kisah-kisah tokoh di Alkitab, baik sisi positif dari karakter mereka ataupun negatifnya, lalu apa akibat dari karakter negatif itu.

 

Bicarakan personal

Biacarakan kepada anak hal spesifik yang ingin Superparents bangun dalam karakter anak. Misalnya dalam hal inisiatif mereka. Superparents bisa membantu anak untuk melihat hal-hal yang seharusnya mereka bisa bantu tanpa perlu orang tua memintanya. Misalnya inisiatif untuk mencuci piring sendiri setelah makan.

 Baca juga : JANGAN LARANG ANAK MENDEBAT, MELAINKAN ATASI DENGAN CARA INI

Berikan ayat Alkitab yang berhubungan dengan karakter tersebut

Berikan anak ayat Alkitab yang berhubungan dengan sifat dan perilaku anak yang ingin dibentuk atau diperbaiki. Mintalah anak menghafal satu atau dua ayat saja. Fungsinya adalah agar anak selalu mengingat firman Tuhan dalam kehidupan mereka dan firman-Nya itu aplikatif. Jadi anak terbiasa untuk bertingkah laku sesuai dengan firman Tuhan.

 

Rajin berdoa

Rajinlah mendoakan karakter/ sifat dan perilaku anak yang sedang Superparents bentuk bersama anaknya. Agar Tuhan membantu dalam pertumbuhan karakter mereka juga.

 

Peka pada perubahan

Ingatlah untuk selalu lihat perkembangan karakter mereka. Jika anak mengalami kendala dan pergumulan saat memperbaiki karakter tersebut, ajaklah mereka berdoa bersama agar anak tetap bisa dimampukan oleh Tuhan.

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK