ARTICLE

Tue - Apr 03, 2018 / 8049 /

6 Cara Ampuh Mengajarkan Firman Tuhan Kepada Anak Sedari Dini

Pada Ulangan 6 Tuhan sudah memberikan perintah yang jelas kepada setiap orang tua untuk secara tekun mengajarkan Firman Tuhan dimulai ketika anak berjalan, duduk, sebelum tidur, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, kita diminta oleh-Nya untuk mengajarkan Firman Tuhan setiap waktu.

Tekun dalam konteks ini diartikan sebagai “mengikuti dengan usaha sungguh-sungguh”.  Lebih baik lagi kalau keluarga Anda sudah mempunyai “Waktu Saat Teduh Bersama” atau “Renungan Keluarga” bersama anak-anak. Tapi itu tidak cukup lho SuperParents! Alkitab harus menjadi bagian dari kehidupan kita.

Jika kita memiliki Firman-Nya di dalam hati sebagai orang tua, hasilnya kita bersama seluruh anggota keluarga akan membicarakannya selalu seperti perintah Tuhan. Lalu bagaimana caranya mengajarkan Firman Tuhan kepada anak-anak, sekaligus menjadi bagian dari hidup?

 

1. BACA!

Sumber: onehope.net

Sebagai orang tua, kita harus memberikan contoh kepada anak-anak dengan meluangkan waktu untuk membaca Firman Tuhan setiap harinya. Kita bisa membacanya bersama dengan anak kemudian motivasi mereka untuk melakukannya sendiri, ketika mereka sudah mulai lancar membaca.

Jangan pernah berpikir kalau anak tidak akan tertarik dengan Alkitab. Mereka akan senang mendengar dan membacanya, saat kita punya sikap yang benar. SuperParents bisa lho mengajarkan Firman Tuhan dengan video Superbook, kemudian jelaskan intinya lewat ayat Alkitab yang berkaitan kepada anak dengan mendramatisirnya. Pasti menyenangkan!

 

2. Aplikasikan ayat di Alkitab di segala situasi dalam hidup.

Sumber: darwinforest.co.uk

Contohnya jika anak diperlakukan secara tidak baik oleh kakak/adik atau temannya. Tunjukkan kepada mereka, bahwa sesuai dengan Firman Tuhan, anak justru tidak boleh membenci mereka melainkan mengasihi dan berdoa bagi mereka yang menyakiti.

Saat anak pergi bersama SuperParents ke taman dan melihat kupu-kupu yang begitu indah, ajarkan bahwa Tuhan menciptakan semua ciptaannya indah dan sesuai gambaran-Nya. Seperti yang tertulis di kitab Kejadian. Intinya banyak situasi yang bisa membantu kita mengajarkan Firman Tuhan kepada anak. Arahkan anak untuk tetap berpusat pada kebenaran Tuhan dan bagaimana Tuhan menyikapi hal yang ada di depan anak.

 

3. Mengingat Firman Tuhan bersama.

Sumber: ytimg.com

Bersama-sama adalah salah satu kunci yang membuat kegiatan ini bisa semakin menyenangkan. Lakukan gerakan, gunakan foto, atau tabel untuk membuatnya menarik. Kita bisa memberikan insentif untuk anak yang bisa menghafal ayat yang sulit.

SuperParents bisa lho menggunakan cara yang Superbook ajarkan untuk menghafal Super Ayat di sekolah minggu, yaitu dengan gerakan dan permainan. Jadinya malah seru dan menyenangkan. Mulailah ayat yang simple untuk anak yang masih kecil, dan secara bertahap semakin mereka besar, tambah terus kata-katanya.

 

4. Menegur dan mengoreksi dengan Firman Tuhan.

Sumber: HacerFamilia

Ini adalah sebuah peluang yang baik untuk membawa anak-anak kita mengerti Firman Tuhan dan mengaplikasikannya dalam perilaku mereka. Jika kelakukan atau sikap mereka mulai menyimpang, orang tua bisa menunjukkan apa yang Tuhan katakan terkait tindakan mereka itu.

Melatih dan mengoreksi hati anak adalah cara yang mudah untuk mengajarkan anak secara konsisten berpegang pada Firman Tuhan.

 

5. Menyanyikan Firman Tuhan.

Sumber: VideoBlocks

Sangat menyenangkan rasanya saat mendengar anak menyanyikan Firman Tuhan ketika mereka belajar dan bermain. Bukan hanya membantu mereka belajar, tapi juga membantu membentuk karakter mereka. Ini adalah cara yang mudah untuk mengajarkan Firman Tuhan. Dengan menyanyikannya, anak dapat memelihara dan mempertahankan Firman Tuhan lebih lama dalam hati mereka.

 

6. Buatlah anak bergairah akan Firman Tuhan.

Sumber: Meridian Magazine

Kapan terakhir kali anak Anda tertarik dan senang sekali ketika mereka mendapatkan Firman Tuhan? Atau mereka begitu berapi-api cerita kepada Anda tentang firman yang ia dapatkan di sekolah minggu?

Saya pernah mendapatkan kesaksian dari seorang anak yang begitu terharu dan kemudian sadar akan perbuatannya yang salah saat mereka mendengarkan Firman Tuhan di sekolah minggu. Sesampainya dirumah, ia langsung mengakui kesalahannya dan berjanji tidak melakukannya lagi. Setelah hari itu ia menjadi taat dan mau membaca Firman Tuhan setiap hari.

Kalau ada anak yang bisa merasakan hal seperti itu, bagaimana dengan anak kita sendiri? Ini bergantung dengan bagaimana cara kita secara kreatif untuk membuat mereka tertarik dan terus mau mendengar Firman-Nya setiap hari.

Sumber: the character corner

Baca juga:

5 CARA MENGAJARKAN ANAK UNTUK MEMBERI, KARENA LEBIH BAHAGIA MEMBERI DARIPADA MENERIMA

MENJANGKAU GENERASI MUDA TIDAK SULIT, ASAL GEREJA TIDAK MEMPERTAHANKAN 7 HAL INI (PART 2)

WALAUPUN SAKIT PARAH, ANAK INI SANGGUP BERNYANYI “JESUS LOVE ME”

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK