ARTICLE

Thu - Apr 22, 2021 / 733 / Sunday School

7 Tips Efektif untuk Guru Sekolah Minggu Pemula Supaya Bisa Nyaman Mengajar

Siapa yang baru saja menjadi guru sekolah minggu? Atau malah lagi kepengen jadi guru nih? Tepuk tangan dan sambutan hangat dari kami ya! Kami bangga banget karena ada yang mau mengambil pelayanan anak. Selain tidak mudah, komitmen kita bisa menghasilkan buah rohani di masa depan anak-anak lho.

Di awal mengajar pasti ada rasa deg-degan dan takut ya, atau berpikir, “Ini anak-anaknya mengerti apa yang saya sampaikan ya?”, “mereka mendengarkan tidak ya?”,”salah nggak ya penafsiran ayat saya?” dan keraguan lainnya. Tapi jangan takut kak, kami punya tips buat kakak yang masih pemula menjadi guru sekolah minggu.

  1. Lakukan persiapan

Jangan anggap enteng poin ini ya kak. Karena dengan persiapan, kita bisa dengan mudah dan meminta tolong pendeta atau pastor jika ada poin yang tidak kita mengerti. Selain itu, persiapan bisa membuat kita lebih kreatif karena sempat memikirkan kegiatan yang bisa anak lakukan sambil belajar firman Tuhan. Entah berupa permainan, percobaan, pembahasan dengan media audio visual, dll.

 Baca juga : 4 TEKNIK MENGAJAR SEKOLAH MINGGU EFEKTIF YANG HARUS KAMU KETAHUI!

  1. Latihan! Latihan! Latihan!

Terus berlatih membuat kita terbiasa dan mengurangi rasa canggung. Kakak bisa melakukan latihan di depan kaca atau orang lain yang bisa dimintai pendapatnya.

 

  1. Makan cukup

Biasanya kalau lapar, kita jadi sulit untuk berkonsentrasi. Jadi pastikan sebelum berangkat ke gereja atau memulai ibadah onlinenya, kakak makan dulu ya. Biar bisa fokus.

 

  1. Melakukan peragaan dan contoh yang kontekstual

Ada kalanya firman Tuhan sulit dimengerti anak-anak. Kakak bisa mengajak mereka untuk memeragakan seperti drama kecil disesuaikan dengan kisah anak sehari-hari. Atau menceritakan kepada mereka pengaplikasian firman Tuhan tersebut dalam kegiatan sehari-hari anak.

 

  1. Selipkan humor dan jangan lupa ekspresif

Guru sekolah minggu untuk anak prasekolah dan SD sebaiknya bisa berkisah dengan ekspresif, menggunakan intonasi, mimic wajah, dan Bahasa tubuh yang menarik. Anak akan memperhatikan kita karena mereka tertarik dengan apa yang kita bicarakan. Kakak juga bisa menyelipkan humor saat mengajar lho.

 Baca juga : CARA EFEKTIF MENGAJARKAN ANAK TENTANG AMANAT AGUNG

  1. Apresiasi usaha dan keberanian anak

Berikan penghargaan kepada anak yang berani memimpin doa, mau membawa kantung persembahan, bersaksi, maupun menjawab pertanyaan kakak. Walaupun kata-kata mereka masih simple dan jawaban mereka belum benar, tetap apresiasi juga ya kak.

 

  1. Awali dan akhiri ibadah dengan salam serta senyum

Tunjukkan bahwa diri kakak adalah guru sekolah minggu yang friendly, sehingga orang tua dan anak nyaman bersama kakak. Kakak juga bisa menikmati proses mengajar dengan anak-anak.

Nah apakah kakak guru senior juga punya cara lainnya? Yuk share di kolom komentar atau bagikan artikel ini untuk guru-guru sekolah minggu pemula di gereja kakak. Tuhan memberkati

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK