ARTICLE

Wed - Oct 21, 2020 / 208 / Parenting

Trik Jitu Memulai Percakapan dengan Anak yang Pendiam dan Pemalu

Karakter setiap anak pasti berbeda-beda. Ada yang berani, pendiam, mudah bergaul, penyendiri, dan masih banyak lagi. Nah yang paling unik ini kalau kita mempunyai atau mengajar anak yang pendiam. Jadi nggak tahu ya sebenarnya anak ini mendengarkan atau tidak, kok ditanya diam saja malah cenderung malu-malu.

Kita perlu mengetahui bagaimana cara membuat mereka bisa mengutarakan isi hati dan pikirannya. Soalnya kadang kala, sikap mereka ini jadi membingung kan padahal kita kita harus tahu kondiri mereka agar bisa memberikan dukungan dan membantunya kalau mereka sedang mengalami kesulitan.

Baca juga : ADUH, ANAKKU KEPERGOK MENONTON VIDEO PORNO. APA YANG HARUS DILAKUKAN SEBAGAI ORANG TUA?

Untuk memulai percakapan dengan anak-anak pendiam ini, kakak bisa mencoba apa yang Jerry Bubrik, PhD, psikolog klinis Child Mind Institute, New York, AS ajarkan. Ia menyarankan permainan “Mawar” untuk mengobrol dengan mereka. Bunga yang indah dan harum ini memiliki tiga komponen, yaitu kelopak, duri, dan kuncup.

Sebelum kakak mengajak mereka mengobrol, ada baiknya kakak terbuka dengan kisah kakak terlebih dulu. Biarkan mereka nyaman dengan kondisi saat itu. Nah kakak bisa memulai berbincang dengan anak lewat pertanyaan :

  • Kelopak: “Ceritakan yang paling kamu sukai hari ini!”
  • Duri: “Beri tahu aku, apa yang paling tidak kamu sukai hari ini!”
  • Kuncup: “Katakan sesuatu yang kamu nantikan di hari berikutnya.”

 Baca juga : APAKAH KITA BOLEH MENDISIPLINKAN ANAK ORANG LAIN?

Sebaiknya kakak mengajak mereka berbicara di saat anak sedang tenang ya tapi juga bukan saat mereka mau beristirahat. Apabila anak tetap tidak mau terbuka dan berbicara saat banyak orang ada di sekitarnya, ada baiknya kakak menunggu waktu yang tepat untuk berbicara berdua dengannya.

Sumber : parenting.co.id

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK